Gelar Komsos dengan KBT, Dandim 1013/Mtw Ingatkan Kelangsungan Bangsa


Muara Teweh -MKNews-  Komandan kodim 1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., memberikan arahan dalam acara komsos kodim 1013/Mtw bersama KBT (Keluarfa Besar TNI) di aula kodim setempat pada hari Senin (28/09).

Pokok-pokok yang disampaikan adalah tentang karakter bangsa dan nilai-nilai yang harus diusung dalam berbangsa dan bernegara serta masalah bagaimana menjaga keutuhan dan kelangsungan bangsa dan negara Indonesia. Selengkapnya Dandim menyatakan," Karakter bangsa Indonesia mengandung nilai-nilai yaitu toleransi beragama, persamaan derajat, kemandirian, keterbukaan, disiplin, keadilan dan patriotisme.  Hal ini harus digenggan kuat dan dikembangkan  dalam kehidupan  berbangsa dan bernegara", tandasnya. 


Lebih lanjut Dandim menambahkan, dengan nilai-nilai  karakter tersebut niscaya eksistensi  bangsa Indonesia akan tetap kokoh tegak berdiri sampai kapanpun. Demikian juga sebaliknya, apabila nilai-nilai karakter tersebut diingkari atau direduksi maka kelangsungan dalam berbangsa dan bernegara akan terancam.

"Ingat, sejarah telah menuntun kepada kita, bagaimana besarnya Sriwijaya dan Majapahit, akhirnya runtuh, karena berawal dari perpecahan, mengabaikan nilai-nilai dalam karakter bangsa", tuturnya.

Sementara itu, ketua Pepabri cabang Barito Utara, Kapten (Purn.) Warsono, dalam kesempatan memberi sambutan menyatakan,"Pepabri merupakan organisasi para purnawirawan untuk berkiprah lebih lanjut dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kegiatan yang dilaksanakan bersifat sosial kemasyarakatan.  Hubungan antara para purnawirawan dan prajurit aktif perlu dikokohkan, untuk kesinambungan nilai-nilai keprajuritan dan kebangsaan",tandasnya.

Menanggapi hal tersebut, dandim menyatakan, ke depan akan  melibatkan para purnawirawan dalam kegiatan sosial kemasyarakatan  yang digelar kodim. 

"Agar jalinan silaturahim tidak terputus", tandasnya mengakhiri.