Dukung Sugianto Sabran, LSM Bangkit Borneo Titip Jaga Kekayaan Alam Kalteng*

PalangkaRaya MKNews-Masyarakat yang tergabung dalam LSM Bangkit Borneo memberikan dukungan pada pasangan Calon Gubernur Sugianto Sabran dan Calon Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Pilgub Kalteng 2020.

Kepada Cagub Sugianto Sabran, masyarakat menitipkan pesan agar saat menjabat nanti mampu menjaga kekayaan alam berupa situs Danau Burung di Kota Waringin Timur dan situs purbakala di Barito Utara sebagai identitas dan warisan budaya Kalimantan Tengah.

"Kami meminta kepada Pak Sugianto Sabran untuk menjaga warisan masyarakat Kalimantan Tengah ini," kata pendiri LSM Borneo Bangkit, Karliansyah, Senin (5/10/2020).

Karliansyah menjelaskan, penemuan situs Danau Burung dilakukan oleh tim ekpedisi LSM Bangkit Borneo yang dilakukan sejak 2006 lalu. Di situs tersebut, lanjut Karliansyah, terdapat ribuan burung endemik, buaya, dan ikan arwana merah yang dilindungi.

"Danau Burung adalah surganya flora dan fauna. Kami memohon Pak Sugianto Sabran untuk menyelamatkan hutan Danau Burung untuk menjadi hutan penyangga masyarakat yang tetap lestari untuk anak cucu kita kelak," kata Karliansyah.

Selain Danau Burung, tim ekpedisi LSM Bangkit Borneo juga menemukan situs purbakal berupa tengkorak orang Dayak yang disimpan di peti mati berukuran 12 meter. Situs tersebut ditemukan di liang gunung setinggi 500 kaki.

"Ini harus kita selamatkan dari kepunahan agar orang Dayak tidak kehilangan identitasnya. Semoga di hutan sana kita bisa dirikan tmpat penyimpanan atau museum agar bisa mendatangkan wisatawaan baik lokal maupun manca negara," kata Karliansyah.