Dalam Rangka Pelaksaan Pemilu 2020, Simulasi Pengamanan TPS di Halaman Mako Polres Kapuas Serentak Berjalan Lancar.


KUALA KAPUAS, MKNews- - Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menghadiri kegiatan Simulasi Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara serantak yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Polres Kapuas, Kamis (12/11/2020) pagi.

Kegiatan ini dalam rangka mendukung kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pemilu Tahun 2020 dengan berbagai macam skenario didalamnya guna mengetahui proses dan teknis pemungutan suara, maupun kendala yang muncul terkait keamanan di lokasi TPS.

Tampak hadir juga menyaksikan jalannya simulasi, Polres Kapuas AKBP Manang Soebeti, Ketua Pengadilan Agama Kapuas Muhamad Isna Wahyudi, Ketua KPU Jamilah Maisura, Ketua Bawaslu Iswahudi Wibowo dan tamu undangan lainnya.

Pada tahun ini, penyelenggaraan Pemilu agak berbeda dari tahun sebelumnya, sebab dengan adanya pandemi Covid-19 maka pelaksanaan tahapan Pemilu harus berdasarkan protokol kesehatan yang berlaku, salah satunya adalah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk setiap petugas TPS.

Dalam kegiatan tersebut, Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor bersama para undangan menyaksikan langsung beberapa skenario yang dilaksanakan dalam simulasi pengamanan ini, salah satunya skenario saat pemilih datang tanpa menggunakan masker dan adanya pemilih yang membuat keributan.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti menjelaskan dalam pengamanan tahapan Pemilu kedepan, sebanyak 600 personil telah disiapkan dimasing-masing TPS yang tersebar diwilayah Kabupaten Kapuas.

“Jadi personil kami dari Polres Kapuas akan melekat terus, mulai dari Gudang Logistik Kabupaten sampai ke Kecamatan dan nantinya akan di kawal personil dari Polres Kapuas, dengan dibantu juga dari pihak Kecamatan dan anggota lainnya yang juga ikut terlibat,” ucap Manang Soebeti.

Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat untuk  bersama-sama dalam menjaga agar Pilkada di Kalteng, khususnya di Kabupaten Kapuas dapat berjalan dnegan lancar, aman dan tertib tanpa adanya gangguan apapun.