Peringati Hari Kesehatan Nasional ke- 56, PPNI Kabupaten Kapuas Gelar Donor Darah



Kuala Kapuas -MKNews- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke- 56, Dengan tema Bukti Cinta PPNI Kepada Sesama, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Kapuas menggelar sejumlah kegiatan bakti sosial. Di antaranya donor darah yang dilakukan di unit transfusi darah RSUD Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo, Sabtu (21/11)


Selain donor darah, mereka juga membagikan masker, sabun cuci tangan dan hand sanitizer kepada yang memerlukan, membagikan leaflet atau brosur informasi kesehatan tentang Covid-19, dan lainnya.

Dalam proses donor darah, pendonor tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan dari mendonor darah mulai dari menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis, dan dapat mendeteksi penyakit serius lebih dini.

Kasi Rawat Jalan Keperawatan RSUD Kapuas, Elvina Togalami mengatakan "Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya." (ii)