Siap Bantu Amankan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur, Kodim 1013/Mtw Gelar Apel


Muara Teweh - MKNews--Kodim 1013/Mtw dan jajaran telah siap membantu pengamanan pilkada gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah yang digelar pada Rabu tanggal 09 Desember 2020. Wujud kesiapan tersebut ditandai dengan apel bersama di halaman upacara makodim 1013/Mtw pada Rabu (09/12).

Terkait hal tersebut, komandan kodim 1013/Mtw, Letkol Kav Rinaldi Irawan, M.Han., menyatakan," Pilkada serentak untuk memilih gubernu dan wakil gubernur dan bupati serta wakil bupati, digelar di beberapa daerah di Indonesia. Pilkada  serentak kali ini, digelar dalam suasana berbeda, yaitu bersamaan dengan masih terjadinya pandemi covd-19. Hal ini membutuhkan kerja keras semua pihak, agar sukses pilkada dan juga aman dari covid-19.


 Sebagaimana tertuang dalam UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, kita mempunyai peran untuk membantu pengamanan. Rambu-rambu sudah ada, sampai batas mana kewenangan kita. Kita tidak diperbolehkan di dalam TPS atau di lingkungannya. hal yang terpenting, ingat, kita sebagai TNI harus netral", tuturnya.

Lebih lanjut Dandim menegaskan, terkait penegakan protokol kesehatan, kita ingatkan terus menerus, baik terhadap penyelanggara maupun masyarakat yang menggunakan hak pilih. Jangan sampai terjadi kluster baru. Kepada anggota di jajaran, agar selalu menghimbau kepada masyarakat yang memiliki hak memilih untuk  selalu mentaati protokol kesehatan. Hal yang krusial biasanya masyarakat bergerombol, berdiskusi tentang pilkada, baik sebelum mapun sesudah memilih. hal ini rawan.

Setelah apel kesiapsiagaan, dilanjutkan siaga di makodim. Sedangkan  anggota yang tergabung dalam patroli yustisi protokol kesehatan melaksanakan tugas sesuai jadwal yang ada, terutama di jalan raya, pasar dan fasilitas umum lainnya.