Guna Pencegahan Penyebaran Covid-19, Kabupaten Kapuas Siap Terima Vaksin Covid


KUALA KAPUAS, MKNews - Vaksin Covid-19 telah tiba di Provinsi Kalimantan Tengah belum lama ini, menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, dalam hal pendistribusiannya di Kabupaten Kapuas.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Tri Setya Utami mengatakan pihaknya terus berkoordinasi bersama instansi terkait perihal kapan vaksin ini akan datang di Kabupaten Kapuas. ”Memang rencananya tanggal 8 Januari ini, namun berubah menjadi tanggal 9 dan info terakhir yang kami terima, vaksin ini akan dikirimkan di Kabupaten Kapuas tanggal 10 Januari 2021 ini, ” tuturnya.

Bertempat diruang kerjanya, Kamis (7/1/2021), dr Tri mengungkapkan beberapa persiapan dalam mensukseskan program vaksinisasi ini diantaranya telah tersedianya Gudang Farmasi Kabupaten yang terletak di Jalan Trans Kalimantan, Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat. “Dengan ditempat tersebut telah tersedia kulkas vaksin dimana setelah kami hitung, kapasitasnya dapat menampung 1600 vaksin covid,” katanya.

Terkait jumlah vaksin yang akan didistribusikan ke puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Kapuas nantinya, dr Tri Setya Utami mengungkapkan untuk saat ini belum bisa merincikannya, karena progres vaksin ini selalu berubah-ubah, namun seluruh Puskesmas di Kabupaten Kapuas dipastikan telah memiliki kulkas vaksin sendiri.

Kamudian, untuk Petugas vaksin atau vaksinator nantinya, juga sudah ada dan untuk saat ini telah  mengikuti pelatihan dari pusat yang dilakukan secara online. “Nantinya setelah pelatihan ini, mereka akan mentransferkan ilmunya kepada timnya di puskesmas masing-masing,” ujarnya.

Mengenai target vaksin kedepan, seperti yang disampaikan oleh pusat, akan memprioritaskan Tenaga Kesehatan terlebih dahulu, sebab para tenaga kesehatan ini lah yang bisa dikatakan berhadapan langsung dengan pasien-pasien Covid-19. “Tenaga kesehatan ini mencakup yang bekerja di instansi pemerintah, klinik swasta maupun praktek pribadi, juga termasuk tenaga penunjang kesehatan lainnya,” tambahnya.

Kepada masyarakat, dr Tri Setya Utami menjelaskan, vaksinasi covid ini adalah upaya untuk pencegahan dan pengendalian penyakit Covid-19 dan sudah tentu vaksinasi ini memiliki tujuan yang baik, yaitu untuk memberikan kekebalan kepada masyarakat. Oleh sebab itu masyarakat jangan ragu terhadap vaksin covid ini, karena tentu sudah dilakukan pengujian oleh para ahli dan juga sudah dipastikan aman oleh Pemerintah. Masyarakat pun diminta agar tidak mudah percaya mengenai informasi vaksin dari sumber yang belum jelas atau informasi hoax.

Dengan adanya vaksinasi ini, masyarakat harus tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. “Walaupun vaksin sudah tersedia, masyarakat harus tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan agar usaha yang telah dilakukan selama ini tidak sia-sia,” pungkasnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url