Jaga Kedaulatan Negara, Satgas Yonif 742 Cek 544 Patok Perbatasan RI-RDTL


JAKARTA, MKNews- Dalam menjaga kedaulatan negara di perbatasan RI-RDTL, Satgas Pamtas Yonif 742/SWY menggelar patroli patok perbatasan negara yang dilaksanakan secara secara terencana dan berkesinambungan.

Hal tersebut disampaikan  Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, saat melakukan pengecekan di Pos Fohuk Kipur III yang terletak di Desa Henes Kecamatan Lamaknen Kabupaten Balu NTT, Sabtu (13/3/2021).

Diungkapkan Dansatgas, patroli patok di perbatasan RI-RDTL sektor timur yang dilakukan Satgas Pamtas Yonif 742/SWY bertujuan untuk memastikan kondisi patok batas negara tidak bergeser ataupun rusak, karena hal ini menyangkut tentang kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Dari 554 jumlah patok perbatasan RI-RDTL sektor timur baru 56 patok yang sudah dicek terdiri dari patok PBN sebanyak 33 patok, CBDRF sebanyak 3 patok dan 20 patok BSP  dan keberadaannya masih ada, sedangkan sisanya masih dalam proses pengecekan," ucapnya.

Lebih lanjut Dansatgas menargetkan awal bulan April 2021, pengecekan terhadap 554 patok perbatasan itu selesai dilaksanakan oleh pos jajaran Satgas Pamtas Yonif 742/SWY, sehingga dapat diketahui kondisinya dan dilaporkan kepada Danrem 161/WS selaku Komandan Kolakops.

"Setidaknya sebelum bulan puasa pada April mendatang semua patok sudah diketahui keberadaannya dan kondisinya,” ujarnya.

Dansatgas juga menekankan agar masing-masing pos untuk melakukan patroli patok secara berkala dengan waktu dan personel sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Danpos.

“Utamakan faktor keamanan dan pedomani jadwal yang telah ditetapkan oleh pimpinan dalam pelaksanaan patroli ini,” pungkasnya. (Dispenad)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url