Pabung Sukamara Pimpin Langsung Pembuatan Pos Pantau Karhutla

Sukamara - MKNews-Untuk menangani dan mencegah terjadinya kembali Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Sukamara, Satgas Darat Karhutla Sukamara mendirikan Pos Pantau Karhutla di titik rawan di wilayah yang acapkali sering terjadi kebakaran hutan dan lahan salah satunya di wilayah Bedurai Kelurahan Padang Kec. Sukamara Kab. Sukamara, (02/02/2021).

Dalam kegiatannya, Perwira Penghubung (Pabung) Kabupaten Sukamara Mayor Inf Enggarsono yang terjun langsung ke lapangan, beserta jajarannya dan Instansi terkait mendirikan Pos Pantau siaga Karhutla guna memaksimalkan dalam menangani dan mengantisipasi terjadinya Karhutla.

Pendrian Posko dan Pos Pantau Karhutla dilakukan di beberapa tempat yang merupakan wilayah rawan terjadinya kebakaran, bahkan hampir setiap tahunnya wilayah ini sering terjadi kebakaran, karena wilayah ini mayoritas merupakan lahan gambut. Selain itu, sejumlah peralatan seperti alat pemadam kebakaran, alat komunikasi dan transportasi juga di siapkan di Posko untuk memudahakan petugas dalam penanganan apabila terjadi Karhutla.

Pabung Sukamara Mayor Inf Enggarsono S.H, mengatakan, Posko dan Pos Pantau Karhutla ini di dirikan sebagai upaya memudahakan penanganan dan pencegahan secara dini terhadap terjadinya Karhutla di wilayahnya.

“Dan nantinya di Posko dan Pos Pantau ini akan disiagakan personel baik dari unsur TNI, Polri, BPBD dan Manggala Agni serta instansi terkait lainnya beserta masyarakat setempat”, terang Mayor Inf Enggarsono.

Usai mendirikan Pos Pantau Karhutla, Pabung bersama dengan Tim Penanggulangan Karhutla Sukamara melakukan pembasahan atau penyiraman kembali sisa kebakaran hutan dan lahan yang sebelumnya sudah di padamkan, dikarenakan lahan tersebut adalah lahan gambut yang di kawatirkan di dalam tanahnya masih ada bara api.

Komentar