Polsek Kahayan Hilir Laksanakan Deklarasi Bersama Lawan Karhutla


https://www.mediakaltengnews.com -Pulang Pisau-  Polsek Kahayan Hilir melaksanakan kegiatan Deklarasai dan Penandatanganan dalam rangka Pencegahan dan Penanggulanalgan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Kecamatan Kahayan Hilir. 

Kegiatan yang berlangsung di Mako Polsek Kahayan Hilir, Rabu (17/08/201),  dihadiri oleh Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar. A, S.H., S.I.K., M.H, Kapolsek Kahayan Hilir IPTU Widodo, S.E, Danramil 1011-15 Kahayan Hilir yang diwakili SERKA Sigit. P, Camat Kahayan Hilir Drs. Sugondo, MM. Mpd, Ketua Banser NU Pulang Pisau yang diwakili oleh Mardiansyah.

Selain itu pula kegiatan dihadiri oleh Ketua IMI Pulang Pisau yang diwakili Oleh Iwan, Ketua Fishing Wild Angler Pulang Pisau R. Eka Candra, Ketua Perguruan Silat PSHT Pulang Pisau Suparto, Ketua Perguruan Silat Kera Sakti Pulang Pisau, Thusi Indrianto, Lurah Kelurahan Kalawa, Endra  Setiawan, S.E, Plh. Kades Gohong Anang Sugito, Kades Mantaren I Yatno. G, Plh. Kades Buntoi Rantau, Kades Mintin, Arbandi Libo dan Beserta Ketua atau Anggota MPA Masing - Masing Desa dan Kelurahan.

 Dalam sambutannya,  Kapolsek Kahayan Hilir IPDA widodo,  S.E mengatakan, Karhutla ini merupakan permasalahan yang selalu ada setiap tahunnya dan harus ditangani bersama. oleh karena itulah, pihaknya telah mengundang 1 Kelurahan ( Kelurahan Kalawa ) dan 4 Desa ( Desa Mantaren I, Desa Buntoi, Desa Mintin dan Desa Gohong ), Organisasi Masyarakat (Ormas dan Komunitas Yang ada di Kecamatan Kahayan Hilir.

“ Tujuan undangan ini tiada lain karena Daerah tersebut menurut data yang ada memiliki Hot Spot yang lumayan banyak, karenanya saya mengajak agar bersama - sama menyatukan tekad dan saling berkontribusi dalam hal cegah Karhutla karena menurut Perkiraan BMKG sebentar lagi kita akan memasuki Musim Kemarau”, ujar Widodo. 

Widodo juga mengajak kepada Para Lurah dan Kepala Desa agar bisa melakukan Sosialisasi dan Edukasi terkait permasalahan Karhutla ini dengan dibantu Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di Masing - Masing Desa.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Pulang  Pisau AKBP Yuniar. A, S.H., S.I.K., M.H, memberikan arahannya, Patut disyukuri pada tahun 2020 yg lalu untuk Hot Spot di Kabupaten Pulang Pisau jauh berkurang. Dua berharap pada Tahun 2021 karhutla bisa ditanggulangi bersama dan tidak lepas dari Do'a dan Kerjasama dari semua pihak dalam hal penanggulangan Karhutla.

“ Tidak kalah pentingnya agar Kita terapkan untuk mematuhi Protokol Kesehatan Pencehagan Covid - 19 karena Pandemi Covid - 19 ini belum berakhir”, katanya. 

Selanjutnya,  Camat Kahayan Hilir Drs. Sugondo, MM mengatakan, Dampak Karhutla ini sangatlah besar, terutama bagi kesehatan, karena kesehatan adalah hal yangg paling utama. Dirinya mengajak semua unsur terkait saling bersama untuk melakukan pencegahan terjadinya karhutla di Wilayah Kecamatan Kahayan Hilir, karena Lahannya sebagaian besar gambut.

“ Saya meminta agar kepala Desa, Lurah yang ada diwilayah kecamatan ini agar melakukan sosialisasi dan edukasi terkait Karhutla ke masyarakat”, imbuhnya. 

Rangkaian acara demi acara telah dilakukan hingga melakukan Penandatangan Komitmen Bersama Pencegahan Karhutla, Deklarasi Bersama lawan Karhutla dan Simulasi Pemadaman Karhutla. (Penulis Drt)

Komentar