Inilah Sebabnya Kekeringan yang Terjadi di Persawahan Desa Belanti Siam

https://www.mediakaltengnews.com-Palangkaraya- Menindaklanjuti pemberitaan yang menyebar di media tentang kekeringan di desa Belanti Siam, Blok A, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kepala Balai Pengembangan Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPPTPH) Provinsi Kalteng Dr.Baini, SP, MP. didampingi Plt. Kasie Teknologi OPT Sri Rahayu, SP,M.Si dan Kasie Pelayanan Teknis Ir.Vinolia Tantri, MM melakukan pemantauan ke wilayah desa tersebut dan desa sekitarnya yakni desa Pantik, desa Sanggang dan desa Gadabung.

Dikatakannya dari hasil pemantauan ini penyebanya terdapat Jaringan skunder tidak lancar akibat parit dan tanah galian jalan. Kemudian Lahan yang retak kepunyaan petani luar, sehingga jaringan pipa ditutup dan lupa dibuka dan mengakibatkan air pasang tidak bisa masuk. Selain itu juga Sebagian lahan yang siap tanam sengaja di keringkan agar mudah proses pertanaman. 

“ Sedangkan sekarang Pompanisasi siap dan  standby di lokasi dan masing - masing poktan sudah tersedia ”, ujarnya, Selasa (27/04/2021).

Lanjutnya mengatakan, untuk saat ini,  Kabupaten Pulang Pisau dan sekitarnya sekitaran pukul 14.00 wib hari ini,  hujan deras dan ketersedian air insyaallah mencukupi. Sedangkan tanaman di lokasi untuk asep bervariasi, pungkasnya.  (Penulis Drt & Redaksi)

Komentar