Pesatnya Pembangunan di Desa Saka Lagun, Tak Lepas dari Peran Prajurit TNI

Kapuas,MkNews- Lebih dari sebulan ini, perwajahan Desa Saka Lagun, Kecamatan Pulau petak, kabupaten Kapuas berubah drastis. Kondisi tersebut, tak lain karena adanya konsistensi dari pemerintah daerahnya untuk terus melakukan penataan Desa. Hal tersebut terlihat dari suksesnya penyelenggaraan tmmd di desa itu.

Tapi, mungkin tak banyak yang tahu jika perubahan Desa ini, sebagiannya adalah buah dari kerjasama yang dilakukan pemerintahan dengan unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui program TNI Manunggal membangun desa. 

Adapun keterlibatan TNI khususnya dari satuan angkatan darat itu, yakni melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Seperti diketahui TMMD merupakan salah satu wujud operasi terpadu karya bhakti TNI. Kegiatan ini merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan pemerintah daerah, serta teritegrasi dengan masyarakat.

Salah satu kegiatannya, yakni membantu pembangunan infrastruktur dan fasilitas layak bagi masyarakat. Khususnya, bagi mereka yang ada di wilayah terpencil dan perbatasan. .

Dandim 1011/KLK, Letkol Infanteri Ari Bayu Saputro membenarkan, jika saat ini jajarannya diperbantukan oleh pemerintah daerah untuk membangun infrastruktur dan sarana pokok masyarakat. Di program TMMD ke 110, ada dua kegiatanyang akan dilakukan. Yakni, kegiatan fisik dan non fisik.

“Prajurir TNI AD dilibatkan dalam pembangunan infrastruktur. Untuk kegiatan fisik, kami akan membangun dan melakukan pengecoran jalan sepanjang 1200 meter yang merupakan akses desa dan lahan pertanian," ujar Dandim.

Komentar