Pemdes Liang Naga Sediakan Fasilitas Penampungan Air Bersih Untuk Warga

Muara Teweh, MKNews-Terwujudnya Desa Sejahtera Mandiri adalah tersedianya infrastruktur, hal tersebut merupakan prioritas utama dalam mewujudkan pembangunan di desa dan salah satunya seperti sarana WC, air bersih, fasilitas MCK, sumur bor, listrik, dan jaringan internet.

Dan untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Desa Liang Naga, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara menggunakan Anggaran Dana Desa (DD) tahap pertama dan tahap kedua tahun 2021 untuk pembelian 200 buah tandon penampungan air bersih untuk warga dengan kapasitas 1200 liter," kata Kepala Desa Liang Naga, Mahmursidi di kantornya Senin, 23/08/2021.

Untuk tahap pertama ini 100 tandon yang sudah dibagikan kepada warga desa secara menyeluruh, satu rumah mendapatkan 1 buah tandon penampungan air bersih. Kemudian bagi warga yang membangun rumah baru, tetapi belum terdata maka nantinya tetap mendapatkan pasilitas tandon penampungan air bersih dari Pemerintah Desa yang dianggarkan melalui Dana Desa," ujarnya.

Kemudian untuk tahap keberikutnya, 100 tandon dengan kapasitas yang sama. Jadi total keseluruhannya ada 200 tandon air bersih. Pengadaan tandon air bersih ini agar masyarakat desa liang naga tidak lagi harus Mandi Cuci Kakus (MCK) ke sungai karena semua MCK dan termasuk air bersih di rumah sudah terpenuhi dan mudah-mudahan itu bisa terlaksana walaupun secara bertahap," jelas kades Mahmursidi.

Harapannya dengan adanya tandon air yang sudah dibagikan ini, masyarakat tidak lagi mengambil air ke sungai karena sudah ada tempat penampungan air yang sumber airnya dari pipanisasi Pamsimas yang sudah ada di desa, dan diharapkan juga kepada masyarakat yang sudah mendapatkan supaya bisa menjaga dan merawat pasilitas yang diberikan tersebut. Dan untuk kedepannya nanti dalam satu RT minimal 1 buah sumur bor," pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url