Sekda Pulpis Apresiasikan Wacana PPWI Laksanakan Penyuluhan Hukum Bagi Kepala Desa

Pulang Pisau, mediakaltengnews.com - Bertempat di Aula Kantor Diskominfo Kabupaten Pulang Pisau, Jl.Trans Kalimantan,  Rabu (2/2/2022).

Dewan Pengurus Cabang Persatuan Pewarta Warga Indonesia ( DPC -PPWI) Kabupaten Pulang Pisau melaksanakan Kunjungan Silaturahmi , Kedatangan Pengurus PPWI tersebut dsambut langsung oleh Sekretaris Daerah ( Sekda )  Kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta, Kepala Inspektorat,Sapri Junjung Serta Kepala Dinas komunikasi, Informasi, statistik dan Persandian ( Diskominfo) Moh.Insyafi beserta Jajaran.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PPWI Pulang Pisau Riduan A.Karim  Menyampaikan keprihatinanya terhadap adanya Kasus Penyalahgunaan Dana Desa ( DD) dan  Alokasi Dana Desa ( ADD) di beberapa Desa yang ada di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang mana menurutnya Kejadian tersebut cukup  menyita Perhatian Publik.

" Seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Pulang Pisau ini, Hanya Dalam Satu Tahun  sudah ada  Dua Kepala Desa yang di Proses Secara Hukum oleh Pihak berwenang keduanya terbukti  melakukan  Penyalahgunaan Dana Desa, ini tentu menjadi Perhatian Publik  " Ungkap Riduan A.Karim .

Riduan menambahkan, Terkait Polemik masalah itu Sebagai Organisasi Pers dan selaku  Kontrol Sosial Sebagaimana amanat Undang -Undang yang ditetapkan tentu merasa terpanggil untuk membantu Pemerintah Daerah ( Pemda) guna meminimalisir badan memberikan pemahaman hukum bagi Setiap Kepala Desa antara lain dengan  menyelenggarakan bimbingan teknis atau Penyuluhan Hukum ( luhkum) tentang  Penerapan Penggunaan Dana Desa ( DD) sesuai Juknis dan Juklak yang sudah ditentukan, agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

" Sebagaimana intruksi Presiden RI beberapa waktu lalu, peran serta masyarakat  dalam Melakukan Pengawasan Dana Desa sangat diharapkan, guna mendukung program pemerintah terhadap realisasi DD tepat guna dan tepat Sasaran " lanjutnya.

Beberapa upaya Pemkab Pulang Pisau dalam melakukan Sosialisasi , baik berupa Kegiatan Penyuluhan , Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan  Desa, serta berbagai macam kegiatan lainya tentu sudah maksimal, akan tetapi menurut Ketua PPWI Pulang Pisau ini , Penyuluhan Hukum tentang Tata Kelola Keuangan sesuai Juknis dan Juklak serta tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku juga harus lebih ditingkatkan lagi, khususnya peningkatan Sumber daya Manusia (SDM)  dari Segi Pemahaman Tata kelola Keuangan ini Harus benar -benar di fahami Setiap Kepala Desa.


" Mungkin dari Pemkab Pulpis khususnya DPMD Sendiri Sudah maksimal melakukan Upaya Sosialisasi melalui berbagai program  baik Pencegahan, Pembinaan, Bahkan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa, Akan tetapi menurut kami Penyuluhan dari segi Pemahaman  Hukumnya Juga perlu ditingkatkan lagi, karena disinilah letak Masalahnya  " tambahnya.

Selanjutnya Kata Riduan  terkait Narasumber pihaknya akan mengundang pihak berwenang baik dari Kejaksaan/ Polri bahkan lembaga lainya yang membidangi Permasalahan Hukum.

Pada kesempatan tersebut Bupati Pulang Pisau, Pudji Rustaty Narang Melalui Sekretaris Daerah
Tony Harisinta, didampingi Kepala Inspektorat Sapri Junjung , Kepala Diskominfo Mohammad Insyafi, Menyambut baik Terkait Wacana Penyluhan Hukum bagi Kepala Desa yang direncanakan digelar di Tahun 2022 ini.

" Kami selaku Pemerintah Daerah menyambut baik, rencana Rekan-rekan Pers yang tergabung di PPWI Pulang Pisau ini, kami akan berkordinasi dengan instansi terkait, pada intinya kami Mendukung Program Positif seperti ini, Sambut Sekda 

Sekda menambahkan terkait rencana Penyuluhan Hukum bagi Kepala Desa yang  digagas  oleh PPWI Pulang Pisau tersebut merupakan terobosan positif yang Harus didukung oleh instansi terkait.

" Masalah ini nanti Kita akan Kordinasikan dengan bagian Hukum Pemkab dulu ,adapun untuk Proses  Pelaksanaannya tentunya perlu di Kordinasikan dengan pihak DPMD selaku OPD yang membidangi  " ujar Sekda.

Selain Membahas Maslah Penyuluhan Hukum, Pengurus PPWI Pulang Pisau juga menyampaikan beberapa Aspirasi terkait kegiatan Organisasi PPWI, antara lain Kegiatan rutin bhakti Sosial dengan tema "PPWI Peduli " serta beberapa kegiatan lainya yang berhubungan dengan Kerjasama Kemitraan dibidang Informasi dan Publikasi.

Kegiatan Silaturahmi  PPWI tersebut di pimpin langsung oleh Kepala Diskominfo Moh.Insyafi ini  berjalan lancar dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan .
 (Spr)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url