Pemprov Kalteng Menyerahkan Bantuan dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran kepada masyarakat Barut

Muara Teweh –MKNews- Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar Safari Ramadan di Masjid Raya Shirotal Mustaqim, Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara. 

Dalam rangka menjalin silaturahmi menyongsong Idul Fitri 1443H/2022 M, Pemprov. Kalteng melalui tim safari Ramadan yang dipimpin Kepala Dinas Dinas Kominfosantik didampingi jajaran, mengunjungi Masjid Raya Shirotal Mustaqim Muara Teweh untuk menyerahkan bantuan dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran kepada masyarakat setempat, Kamis (28/4/2022). 

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan secara hybrid yang dipusatkan di Istana Isen Mulang dan seterusnya penyerahan dilanjutkan oleh masing-masing tim Safari Ramadan Pemprov. Kalteng menyerahkan bantuan kepada Imam, Marbot Masjid/Musholla, Panti Asuhan/Anak Yatim, Fakir Miskin dan warga lanjut usia di Kabupaten/ Kota se-Kalteng.

Safari Ramadan di Masjid Raya Shirotal Mustaqim, Muara Teweh diawali dengan Pembacaan Ayat-ayat Suci Al-Quran, Sekapur Sirih Segenggam Benih dari Perwakilan Pemprov Kalteng, Sambutan Gubernur Kalteng secara virtual, Tausiyah, Penyerahan bantuan dan terakhir Buka Puasa bersama.

Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfosantik Prov. Kalteng Edi Juardi mewakili Kepala Dinas Kominfosantik Prov. Kalteng Agus Siswadi menyampaikan Safari Raadan kali ini digelar dalam rangka Silaturahmi Pemprov Kalteng dengan warga masyarakat di Kabupaten Barito Utara dan sekaligus penyerahan bantuan Gubernur Kalteng kepada Imam, Marbot Masjid/Musholla, Panti Asuhan/Anak Yatim, Fakir Miskin dan warga lanjut usia.

Diharapkan, melalui momentum Safari Ramadan ini, diharapkan bisa dijadikan landasan untuk menggaungkan dan membumikan narasi tunggal “Kalteng BerAKHLAK Penuh Dengan KeBERKAHan” diseluruh penjuru wilayah Kalteng.

“Kegiatan membumikan narasi tunggal ini bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1443 H, di seluruh Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah menggaungkan Kalteng BerAKHLAK Penuh Dengan KeBERKAHan melalui media cetak dan elektronik serta media sosial, hingga media luar ruang seperti spanduk dan Baliho. Gerakan membumikan Kalteng BerAKHLAK ini diinisiasi oleh Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran, yang memandang bahwa AKHLAK dalam setiap sektor kehidupan adalah hal yang relevan sepanjang zaman”, tutur Edi.

Pada kesempatan tersebut, Edi Juardi juga mengimbau agar masyarakat tidak lengah untuk senantiasa menjaga protokol kesehatan walaupun saat ini pandemi Covid-19 sudah melandai.


Terakhir disampaikan, dalam rangka mendukung rencana Ibu Kota Nusantara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur, diharapkan Prov. Kalteng dapat memanfaatkan posisi strategisnya  sebagai daerah penyangga pembangunan IKN.


Acara dilanjutkan dengan mendengarkan sambutan Gubernur Kalteng secara virtual dan penyerahan bantuan secara simbolis kepada Imam, Marbot Masjid/Musholla, Panti Asuhan/Anak Yatim, Fakir Miskin dan warga lanjut usia di Barito Utara. Bantuan tersebut diserahkan Gubernur melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfosantik Prov. Kalteng Edi Juardi. 

Adapun bantuan yang diberikan untuk Imam/Kaum Masjid/Musholla di seluruh Kabupaten Barito Utara sebanyak 301 orang. Untuk masing-masing Imam/Kaum Masjid/Musholla diberikan bantuan sebesar Rp.1.000.000 per orang dengan total keseluruhan bantuan sebesar Rp. 301.000.000,-. Sementara itu, untuk jumlah bantuan yang diberikan kepada anak panti asuhan dan pengasuh di seluruh Kabupaten Barito Utara sebanyak 203 orang. Untuk masing-masing anak panti asuhan dan pengasuh diberikan bantuan sebesar Rp.500.000 per orang dengan total keseluruhan bantuan sebesar Rp. 101.500.000,-.

Untuk jumlah bantuan yang diberikan kepada fakir miskin/ manula dan pengasuh di seluruh Kabupaten Barito Utara sebanyak 133 orang. Untuk masing-masing fakir miskin/ manula dan pengasuh diberikan bantuan sebesar Rp.500.000 per orang dengan total keseluruhan bantuan sebesar Rp. 66.500.000,-.

Untuk bantuan buka puasa bersama diserahkan bantuan dari Pemprov Kalteng sebesar Rp. 10.000.000,- untuk Kabupaten Barito Utara. Total keseluruhan bantuan yang diberikan di Kabupaten Barito Utara sebesar Rp. 479.000.000,-.

 

Safari Ramadan dihadiri Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Barito Utara M Ihksan, Ketua NU Muara Teweh H. Alhadi selaku Ketua Masjid Raya Shirotal Mustaqim, perwakilan Kemenag Muara Teweh, perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Biro Kesra setempat.

Komentar