Kelompok Tani MAKULIPAD Desa Luwe Hilir, Mendapatkan Pelatihan Teknis Budidaya Madu Kelulut

Barito Utara, MKNews-Kelompok tani Lebah Madu Kelulut Luwe Hilir Pada Idia atau disingkat (MAKULIPAD) Desa Luwe Hilir, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara mendapatkan pelatihan sederhana cara memanen madu kelulut dari KPHP Barito Hulu. Pelatihan tersebut bertempat di lokasi pembudidaya lebah madu kelulut Desa Luwe Hilir, Sabtu 24/09/2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kades Luwe Hilir, Hariadi dan perangkat desa, Kepala KPHP Barito Hulu, Rudi Candra Utama beserta penyuluh Kehutanan Barito Hulu Unit V, Davit Hmaz sekaligus sebagai narasumber, Ketua KTH Bambured Lestari Jaya Desa Sabuh, Penggiat dan pemudidaya Kelulut, perwakilan dari PT PADA IDI 2 orang, dan masyarakat peserta pelatihan.

Rudi Candra Utama, selaku Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Barito Hulu pada saat diwawancarai mengatakan kami bersama-sama dengan masyarakat desa Luwe Hilir, memberikan pelatihan sederhana kepada kelompok tani MAKULIPAD Desa Luwe Hilir bagaimana cara memanen lebah madu kelulut," ujarnya.

"Dan ini merupakan kerjasama KPHP Barito Hulu dengan PT PADA IDI yang CSAR nya itu diberikan kepada kelompok tani yang ada di Luwe Hilir. Adapun maksud dari pada kegiatan ini adalah bagaimana supaya mereka dapat memproduksi lebah madu kelulut CSAR dari PT PADA IDI untuk dipasarkan.

"Setelah ini rencananya, mereka akan melakukan studi banding ke desa Sabuh untuk melihat bagaimana cara mengelola dari pada mengemas begitu pula dengan memanajemen dari pada anggota-anggota kelompok tani itu sendiri. Jadi harapan kami, bagaimana supaya mereka dapat memanen lebah madu kelulut secara benar dan mengelolanya itu harapan kami," kata Rudi Candra Utama.

Sementara itu Kepala Desa Luwe Hilir, Hariadi menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada pihak KPHP Barito Hulu yang telah memberikan pelatihan bagaimana cara memanen madu kelulut. Dirinya dan warga berharap PT PADA IDI untuk pengembangannya, karena masalah pertama adalah lahan, karena lahan yang ada ini statusnya kami pinjam dengan warga desa setempat.

"Jadi untuk itu kami mohon dengan PT PADA IDI untuk membantu dalam menyediakan lahan."Dan harapan kami kedepannya mudah-mudahan kegiatan seperti ini bukan hanya sekali ini saja dilaksanakan tetapi terus berkelanjutan setiap PT PADA IDI mengucurkan CSAR nya dan keberikutnya mungkin ada tahapan-tahapan selanjutnya untuk lebih meningkatkan lagi kelompok tani budidaya madu kelulut di desa Luwe Hilir ini," pungkasnya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url