Dispursip Kalteng Sediakan Layanan Untuk Kelompok Rentan

KALTENG-MKNews-Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah (Dispursip Kalteng) berkomitmen untuk  terus meningkatkan Layanan Perpustakaan kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk kelompok rentan seperti Ibu, Anak dan Disabilitas.

Kepala Dispursip Kalteng Nunu Andriani menyampaikan bahwa Dispursip Kalteng sudah mulai menyediakan sarana prasarana untuk kelompok prioritas ini mulai Mei 2023. “Kami sediakan Parkir Prioritas, Layanan Prioritas seperti alat bantu, ruang khusus sampai ke toliet khusus, senin ini mulai operasional” Jelasnya di ruang kerja, Senin (8/5/2023)
Penyediaan sarana prasarana ramah kelompok rentan juga merupakan kepedulian untuk menjamin dan melindungi hak kelompok rentan dalam mendapatkan kesempatan pelayanan yang setara. Dengan demikian, kelompok rentan dapat berpartisipasi penuh mengakses pelayanan publik dengan mudah, aman, nyaman, dan mandiri.

Sarana Pra Sarana Kelompok Rentang yang sudah disediakan Dispursip Kalteng meliputi : Parkir Disabilitas, Parkir Sepeda, Jalur Landai, Pegangan Rambat, Ruang Prioritas, Kursi Prioritas, Ruang Laktasi, Sarana Disabilitas, Ruang Baca Disabilitas, Alat Bantu Tuna Rungu, Toilet Kebutuhan Khusus, dll.

Nunu berharap dengan adanya layanan khusus untuk kelompok rentan ini dapat menghadirkan keadilan layanan perpustakaan kepada masyarakat. “Masih belum sempurna, tapi sering waktu kami akan terus meningkatkan fasilitas ini, sehingga fungsi perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat dapat dinikmati secara adil untuk semua kalangan”. Tambahnya.

Komentar