Pekerjaan Tidak Maksimal, Kontruksi Pembangunan Kantor Camat Kapuas Barat Kembali Mangkrak

Kuala Kapuas, MKNews - Pekerjaan proyek kontruksi gedung kantor camat Kapuas barat yang baru, kabupaten Kapuas yang dikerjakan pada tahun 2021 yang dibangun dibelakang kantor yang lama kondisinya sekarang terlihat terbengkalai.

Dari informasi yang dihimpun awak media, bangunan kantor tersebut lebih kurang 3 tahun ini terbengkalai, ini terlihat dari kondisi bangunanya sudah berlumut tidak terawat, dan juga beberapa item yang nampak fisiknya, seperti pondasi bawah, lantai, dan tiang yang sudah terbangun.

Jenis pengadaan Pekerjaan kontruksi, dengan tender, pembangunan kantor camat Kapuas barat, biaya fisik pekerjaan pembangunan gedung (HSBGN). K/L/Pd pemerintah daerah kabupaten kapuas- TA 2021, satuan kerja Sekretariat daerah, dengan pagu : 1.415.000.000.00 dengan nilai HPS : 447.572.376.00 yang diperkirakan penurunan nilainya lebih kurang 60%.

Kemudian dengan nilai kontrak pekerjaan kontruksi - TA 2021 Rp441.937.844.00, yang jadi pemenang tender proyek yaitu, CV.WIJAYA GEMILANG jl.kapuas seberang, RT.I /36-kapuas (kab) Kalimantan Tengah. Dengan selisih nilai pagu dengan nilai kontrak yang bisa dikatakan terjun bebas ini lebih kurang 60 %, diduga dapat mengurangi kualitas pekerjaan, khususnya fisik dan juga mempengaruhi umur bangunan tersebut.

Proyek tender turun harga, hingga bisa dikatakan terjun bebas ini yang turunya mencapai 60 % nan, ini dapat berpotensi berkualitas rendah dan kalau kualitasnya rendah tentu saja tidak akan berumur lama atau bahkan disebut gagal bangunan.

Terkait dengan keadaan proyek gedung camat Kapuas barat tersebut, saat dikonfirmasi media dikantornya Camat Kapuas barat Eddy Sucipto membenarkan bahwa bangunan proyek tersebut lebih kurang 3 tahun ini, dari tahun 2021 sampai sekarang tidak ada kepastian kelanjutannya.

Harapan saya, untuk pembangunan proyek tersebut dapat bisa dilanjutkan lagi, karena dengan kondisi kantor camat yang sekarang ini, sungguh sangat-sangat memprihatinkan sekali, karena banyak sudah bangunan kantor yang sudah hancur, seperti plaponya yang rusak, dindingnya yang lapuk, dan lainnya karena sudah termakan usia.

Ditempat terpisah Sekda kabupaten Kapuas, Drs. Septedy, M.Si, saat ditemui diruang kerjanya mengatakan itu tim inspektorat dan tim PU Kapuas sudah turun kelokasi proyek tersebut, dan mereka mengatakan belum bisa dilanjutkan.

"Secara teknis proyek konstruksi kantor camat Kapuas barat, tidak dapat dilanjutkan karena faktor tanahnya belum siap, apabila dilanjutkan nanti bangunan tersebut bisa runtuh, "intinya secara teknis proyek konstruksi gedung kantor camat Kapuas barat tidak bisa lagi dilanjutkan. Jelas Septedy.(Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url