Forum Komunikasi Lintas Agama Cegah Perubahan Perilaku Stunting

Puruk Cahu, mediakaltenhnews.com - Kementerian Agama Pemerintahan Kabupaten Murung Raya Kalimantan Tengah menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan Forum Komunikasi Perubahan Perilaku Dan Penurunan Stunting Lintas Agama yang diselenggarakan di aula Cahai Ondhui Tingang Murung Raya. Selasa (17/10/2023).

Masalah stunting telah menjadi perhatian Pemerintah, karena itu pemerintah akan fokus untuk menurunkan jumlah kasus tersebut. Masalah stunting harus diselesaikan secara terintegrasi dengan lintas sektor.

Dalam sambutan Daniel Patandianan mengatakan di Murung Raya, stunting disebut kerdil, artinya ada gangguan pertumbuhan fisik dan pertumbuhan otak pada anak. Anak stunting dapat terjadi dalam 1000 hari pertama kelahiran dan dipengaruhi banyak faktor, di antaranya sosial ekonomi, asupan makanan, infeksi, status gizi ibu, penyakit menular, kekurangan mikronutrien, dan lingkungan.

Di kabupaten Murung Raya ini stunting tertinggi di Kalimantan Tengah dengan angka besar 40,9 %  jadi Bapak Ibu kalau misalnya ada 1000 anak-anak di anak balita di wilayah Murung Raya ini maka 40,9 itu berarti anak yang stunting itu 400 lebih dari 1000 itu bukanlah yang luar biasa kalau 10.000 berarti 4000 lebih ini penelitian 2022.

Maka dengan ini Pemerintahan Kabupaten Murung Raya menekankan target untuk penurunan sampai 10% maka ke 10% Ya kita harus kerja keras bekerja sama koordinasi dan karena itu konvergensi harus jalan semua adalah kerjasama Kita Bersama pada tahun 2023 target untuk Murung Raya.

Kemudian dalam kesempatan yang sama Solihatul amaliah mengatakan bahwa Penurunan Stunting merupakan masalah jangka panjang. Untuk menunjang hal tersebut Kementerian Agama Murung Raya akan membentuk Forum Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Penurunan Stunting Lintas Agama. Dengan terbentuknya Forum Komunikasi Perubahan Perilaku Dalam Penurunan Stunting Lintas Agama dapat memberikan andil dalam proses pencegahan stunting khususnya di Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah.

Turut hadir pada kegiatan ini  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Murung Raya, Tokoh Adat Kecamatan dan tamu undangan lainnya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url