Pj. Bupati Mura Buka Lomba Karungut dan Tari Daerah Pedalaman

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Dalam rangka perayaan Hari Sumpah Pemuda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Murung Raya menggelar lomba kesenian tradisional daerah. Gelaran acara tersebut diselenggarakan di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Tira tangka Balang, Komplek Perkantoran Kota Puruk Cahu, Sabtu malam 28 Oktober 2023. 

Hadir dalam pembukaan acara kesenian tradisonal itu, Pj. Bupati Murung Raya Hermon, Anggota DPRD Mura, Kepala Dinas/Badan/Kantor Unit Satuan Kerja lingkup Pemerintah Kabupaten Murung Raya. Dewan Juri, Peserta lomba dan tamu undangan lainnya.

Pj. Bupati dalam sambutannya menegaskan, adanya kegiatan budaya kesenian tradisional yang diselenggarakan ini dapat menumbuhkan semangat kebersamaan. Cerminan dari budaya kearifan lokal, dalam mendukung perkembangan kebudayaan menunjang pariwisata di Kabupaten Murung Raya.

"Potensi budaya yang beraneka ragam di Murung Raya dapat membuka ruang untuk peluang industri pariwisata di sektor seni dan budaya. Diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Eksistensi keberagaman budaya yang dibina secara bersama dan kita miliki tetap harus terbingkai dalam perbedaan dan kebersamaan", papar Hermon.

Laporan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Murung Raya, Ferdinand Wijaya. Peserta lomba kesenian tradisional Tari Pedalaman sebanyak 11 group tari dan peserta lomba karungut sebanyak 6 orang. Peserta dibagi dalam dua kategori, pelajar (sekolah) dan umum. Sabtu, (28/10/2023).

"Peserta umum sebanyak 5 kecamatan, yakni Kecamatan Murung, Tanah Siang, Tanah Siang Selatan, Sungai Babuat dan Barito Tuhup Raya. Untuk juara tingkat pelajar nantinya akan dikirim mengikuti pagelaran budaya Se Kalimantan Tengah di Kota Palangka Raya pada bulan November mendatang", urai Ferdinand Wijaya.

Juri lomba kesenian tradisional dan budaya sebanyak 5 orang 1 orang didatangkan dari Kota Palangka Raya, Wibertus dan 4 orang juri lokal dari Kota Puruk Cahu yaitu, Fadrik, Mahmud, Jivi Ritchando Andin dan Idontori.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url