Curah Hujan Tinggi, Dewan Imbau Masyarakat Waspada Banjir

BARITO UTARA, MKNews-Anggota DPRD yang juga Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Barito Utara, Hasrat menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai, untuk waspada terhadap banjir yang sedang terjadi.

"Hasrat mengatakan, mengingat intensitas curah hujan di daerah hulu cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir, sehingga terdapat kenaikan debit air Barito yang dapat berpotensi meluap dan menyebabkan banjir. Beberapa kendala yang di sebabkan oleh banjir seperti jalan, jembatan bahkan rumah juga terendam air, sehingga sangat dibutuhkan sarana transportasi," kata legislator partai PAN ini, Sabtu 02/12/2023.

Tapi semua itu lanjutnya, tak lepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat sangat penting. Seperti kerjasama yang baik yaitu antara pemerintah, masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya. Karena mengingat dampak yang ditimbulkan banjir seperti kerusakan pada infrastruktur pasti ada.

"Lebih lanjut, bagi warga masyarakat yang tinggal di bantaran sungai Barito seperti desa-desa di wilayah Kecamatan Lahei, Lahei Barat supaya meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana banjir. Misalnya dengan mengevakuasi harta benda ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terendam oleh air, dan terutama keselamatan jiwa menjadi prioritas utama," ucapnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada Camat dan Kepala Desa agar mengingatkan warga untuk selalu waspada dan memantau situasi banjir di wilayahnya masing-masing," pungkasnya. (Led)

Komentar