Umat Hindu Kaharingan Barito Utara, Rayakan Dharma Shanti Nyepi Tahun Baru Saka 1946

BARITO UTARA, MKNews-Umat Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara (Barut) Rayakan Dharma Shanti Nyepi bersama Tahun Baru Saka 1946 di Balai Tandak Intan Kaharingan Banama Tingang, Jalan Teluk Mayang Km-2 Muara Teweh, Selasa 30/04/2024.

Perayaan Dharma Shanti Nyepi bersama tahun 2024 ini dihadiri oleh Ketua Umum Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan Pusat Palangka Raya, Pj. Bupati Barito Utara, Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan (MD-AHK) Kabupaten Barito Utara, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Barito Utara (Barut), Para Tokoh Agama, Basir, Pisor, dan Rohaniawan Se- Kabupaten Barito Utara, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua panitia pelaksana melaporkan bahwa Dharma Shanti tahun ini mengangkat tema "Sad Cid Ananda untuk Indonesia Jaya" pada saat ini dengan laporan kegiatan sebagai berikut:

Maksud dan tujuan dari Dharma Shanti yaitu 1. untuk memperingati hari kemenangan Dharma Muala Dharma kemudian untuk mempererat tali persaudaraan umat Hindu Kaharingan se-kabupaten Barito Utara dan memperdalam pengenalan, pemahaman tentang Adi daya Nyepi. Adapun dasar kegiatan Dharma Shanti dari pengurusan-pengurusan pertama Parisada Hindu Dharma Indonesia Barito Utara dan MD-AHK Kabupaten Barito Utara.

Kegiatan perayaan Dharma Shanti Nyepi tahun Baru saka 1946 Kabupaten Barito Utara tahun 2024 ini diikuti oleh seluruh umat Hindu Kaharingan Se-Kabupaten Barito Utara. Adapun biaya pelaksanaan kegiatan Dharma Shanti ini berasal dari swadaya umat Hindu Kaharingan Kabupaten Barito Utara dan sumbangan dari donatur yang sifatnya tidak mengikat kemudian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara melalui APBD.

Ketua PHDI Provinsi Kalimantan Tengah, yang diwakili oleh Sekretaris PHDI, Lemri, S.Pd, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Barito Utara beserta jajaran dan pengurus elemen masyarakat yang terlibat dalam suksesnya kegiatan perayaan Dharma Shanti Nyepi Tahun Baru Saka 1946 yang dilaksanakan pada hari ini.

"Terimakasih kepada seluruh jajaran yang tergabung dalam suksesnya kegiatan perayaan Dharma Shanti Nyepi Tahun Baru Saka 1946 pada hari ini. Dengan memaknai hari Raya Nyepi hendaknya kita antar umat Hindu itu sendiri dan juga antar umat beragama terkhusus di wilayah Barito Utara ini. Saya harap jalinan saat ini dapat dipertahankan dan tetap solid dalam membantu pembangunan Kabupaten Barito Utara (Barut)," kata Lemri. 

Sementara itu, dalam sambutannya Pj. Bupati Barito Utara, Drs. Muhlis menyampaikan sesuai dengan tema perayaan Nyepi Dharma Shanti tahun ini yaitu "Sad Cid Ananda untuk Indonesia Jaya" saya mengharapkan umat Hindu di Kabupaten Barito Utara memaknai perayaan Dharma Shanti Nyepi dengan bersama-sama mewujudkan keberadaan, kesadaran dan kebahagiaan untuk Indonesia.

"Nyepi juga lanjutnya merupakan sarana untuk menciptakan kedamaian, ketentraman, serta menciptakan harmoni. Hal itu tentu tidak datang dengan sendirinya di tengah kemajemukan tetapi harus dihadirkan, dirawat dan harus dilestarikan. Melalui Hari Raya Nyepi umat Hindu juga dapat lebih mendekatkan diri kepada Tuhan sekaligus membangun hubungan yang harmonis baik antara manusia dengan Tuhan, antara manusia dengan lingkungan, maupun antara manusia dengan sesamanya.

"Pada kesempatan yang baik ini, akhirnya saya atas nama pemerintah daerah Kabupaten Barito Utara mengucapkan selamat hari raya Nyepi tahun Baru saka 1946 tahun 2024 Kepada seluruh umat Hindu yang ada di Kabupaten Barito Utara," tutup Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis mengakhiri sambutannya. (Led)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url