Pemkab Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan, Ini Harapannya

https://www.mediakaltengnews.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura), melakukan Monitoring dan Evaluasi (Monev) kinerja Pemerintah di Kecamatan Tanah Siang yang dihadiri oleh Asisten I Sekda Mura Serampang, Camat Tanah Siang Hendra Hadikusuma, Kapolsek Tanah Siang dan Danramil serta tamu undangan lainnya, Jumat (14/6/2024). 

Kegiatan ini merupakan bentuk pengawasan serta evaluasi terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan Tanah Siang. 

Monev penyelenggaraan Pemerintah yang di laksanakan di Kecamatan Tanah Siang adalah proses penting dalam memastikan kinerja dan akuntabilitas pemerintah Kecamatan yang menaungi desa dan kelurahan yang berada dalam wilayah admistrasi kecamatan, dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Asisten I Sekda Mura Serampang membacakan sambutan Bupati Pj Bupati Mura mengatakan, dilakasanakan monitoring ini ada banyak hal yang harus segera di respon dan ditindaklanjuti, untuk memastikan bahwa kebijakan dan program yang telah ditetapkan sedang berjalan sesuai rencana. “Monitoring dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi, mengadakan pertemuan dengan pemerintah Kecamatan Tanah Siang, dari hasil monitoring ini menghasilkan tindak lanjut apa yang harus segera dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Murung Raya. Mengingat keterlambatan dalam pengesahan DPA, yang berdampak peyerapan anggaran kurang maksimal, oleh sebab itu monitoring ini sebagai jembatan serapan anggaran bisa tercapai,” kata Serampang. 

Camat Tanah Siang, Hendra Hadikusuma bersama perwakilan desa serta beberapa aggota DPRD Mura yang hadir menyambut antusias kegiatan ini, kegiatan ini merupakan evaluasi apa-apa saja yang masih menjadi kendala yang harus segera dicari solusinya. 

“Evaluasi dilakukan dengan membandingkan antara target yang telah ditetapkan dengan capaian yang sebenarnya. Evaluasi juga dapat melibatkan penilaian terhadap kualitas pelaksanaan kebijakan, efektivitas penggunaan sumber daya, serta dampak yang dihasilkan bagi masyarakat Kecamatan Tanah $iang,” kata Hendra. 

Dikatakannya, dalam melakukan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah Kecamatan Tanah Siang, ada beberapa poin berikut menjadi catatan, diantaranya: di bidang Pelayanan Kesehatan, Pendidikan, Pembangunan Sarana Prasarana, ada beberapa usulan untuk pembangunan fisik Jalan, Jembatan, bangunan sekolah, dan Postu, serta dalam hal laporan dan keluhan masyarakat yaitu kurangnya tenaga kesehatan dan tenaga pengajar yang ada di desa-desa. 

Menutup kegiatan monev Mura, Serampang, mengatakan supaya Kecamatan setempat membangun sistem pelaporan yang efektif dan berjenjang, bagi berbagai masalah yang terjadi dan ditindaklanjuti dengan surat supaya tidak hanya sekedar lisan baik pelaporan, usulan dan permohonan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url