Ini Paparan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov.Kalteng Selama Tiga Tahun Terakhir


Palangka Raya, MKNews-Arah kebijakan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah, dan capaian perestasi kerja dalam tiga tahun terakhir,  yaitu mencatat pembangunan pasar rakyat untuk tiga tahun sebanyak 82 yang tersebar di Kabupaten/ Kota se- Kalimantan Tengah.


Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kalteng Aster Bonawati melalui Kabid Perdagangan Jenta dalam Press Conference kepada wartawan di Palangka Raya, Selasa 29/10/2019 mengatakan Pembangunan pasar rakyat sebanyak 82 tersebut berasal dari dana APBN yang direkomendasikan dalam usulan Kabupaten /Kota," ucapnya.

Adapun pembangunan pasar yang dibangun dan digunakan di Kalimantan Tengah meliputi, dua di Palangka Raya, delapan di Kabupaten Barito Utara, delapan di Kabupaten Kapuas, empat di Kotawaringin Barat, dan tujuh di Kotawringin Timur.

Sedangkan untuk pasar rakyat meliputi, enam di Kabupaten Katingan, dua di Saruyan, lima di Sukamara, enam di Lamandau, tujuh di Gunung Mas, lima di Pulang Pisau, 12 di Murung Raya, dua di Barito Timur, dan delapan di Barito Selatan," ungkapnya.

Selain pembangunan pasar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga mengatakan, dari tahun ke 2016 ekspor Kalteng hanya 966,40 juta dolar amerika. Sedangkan pada tahun 2017 mencapai kenaikan 1.794.51 juta dolar Amerika, dan tahun 2018 mengalami kenaikan menjadi 1.903,11 juta dolar Amerika, dan dari bulan Januari-Agustus 2019 berjumlah 1.599,97 juta dolar Amerika.," pungkasnya.

Komentar