Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila Di Gedung Balai Antang Muara Teweh.


Muara Teweh, MKNews-Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila, Pemerintah Kabupaten Barito Utara menggelar upacara peringatan Hari lahirnya Pancasila yang dipimpin langsung oleh Bupati Barito Utara, H.Nadalsyah beserta Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah, Ir. H.Jainal Abidin, MAP, Unsur FKPD, Kepala perangkat Daerah, serta tamu undangan lainnya, di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Rabu 29/05/2019.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Plt. Hariyono dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Barito Utara menyampaikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara pandangan Hidup bangsa yang digali oleh para" Pendiri Bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.
Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologi masyarakat." Pancasila harus di tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," jelas H.Nadalsyah.

Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur." Sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan," lanjut Bupati.

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni juga bukan suatu yang terpisah dari momemtum perumusan" Piagam Jakarta" oleh panitia Kecil" tanggal 22 Juni dan pengesahan pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945, Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang terpisahkan. (Led)
Next Post Previous Post