Bupati Seruyan Cek Bongkar Muat di Pelabuhan Teluk Segintung

KUALA PEMBUANG,MKNews-Bupati Seruyan Yulhaidir, didampingi Kepala Badan Pengelola Perpajakan dan Retribusi Daerah (BPPRD )Markus, Plt Kepala Dinas Perhubungan A Sarita, Unit Penyelenggara Pelabuhan  (UPP )Teluk Segintung Abdullah, Kadis Komunikasi dan Infomatika Sugian Noor, Kabag Protokol Ahdian Noor, serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SOPD ) dilingkup Pemkab Seruyan, memantau langsung bongkar muat pertama di pelabuhan laut Teluk Segintung.jumat 2/8/2019.

Orang nomor satu di Bumi Gawi Hatantiring Seruyan,tersebut mengatakan, kunjungan kerja ke Pelabuhan Laut Teluk Segintung itu sekaligus mengecek kesiapan melakukan lounching operasional Segintung yang diagendakan pada, Senin 5 Agustus 2019. Yang juga bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Seruyan yang ke 17.

“Ini bongkar muat pertama yang dilakukan tongkang LMN 336, tongkang dengan kapasitas muatan 330 feet atau 10 ribu tonase,” jelas Bupati.

Bongkar muat batu koral (split )yang dilakukan tongkang berukuran besar tersebut berjalan lancar tanpa kendala. Hal itu menggambarkan jika Pelabuhan Segintung yang digadang-gadang sebagai terminal Crude Palm Oil  (CPO )kelapa sawit terbesar se Asia Tenggara tersebut sudah siap di operasionalkan.

“Harapan kita pemerintah pusat bisa membantu untuk menyelesaikan infrastruktur jalan dan fasilitas lainnya. Pelabuhan Segintung Ini sudah siap kita operasionalkan, tinggal akses jalan saja,” kata Yulhaidir.

Yulhaidir menjelaskan, akses jalan dari Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung hanya menyisakan 9 kilometer, kemudian dari unit 4 sampai ke Simpang Bangkal Kecamatan Seruyan Raya kurang lebih 140 km yang perlu segera ditangani.

“Itu yang kita minta ke pemerintah pusat untuk memperhatikan, karena ini adalah akses satu-satunya untuk menunjang arah akses jalan menuju Pelabuhan laut teluk segintung yang sudah fungsional, sudah bisa dilakukan bongkar muat,”

Bupati Seruyan Yulhaidir didamping Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP ) Teluk Segintung Abdullah mengecek kesiapan operasional Pelabuhan Telu
lain kata Yulhaidir, dirinya bersama dengan pemerintah pusat serta Dirjen Perhubungan Laut [Dirhubla] Kementrian Perhubungan telah berkomitmen bahwa masyarakat lokal akan lebih banyak perannya dalam bekerja di Segintung.

“Semoga dengan operasional pelabuhan Segintung akan berdampak pada kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat Kabupaten Seruyan, dan menjadi gerbang ekonomi baru bagi Kabupaten Seruyan juga Kalimantan Tengah pada umumnya,” jelas Yulhaidir.

Di tempat yang sama, Kepala Unit Pelaksana Pelabuhan (UPP )Teluk Segintung, Abdullah menguraikan, saat ini fasilitas penunjang yang sangat diperlukan adalah akses jalan, kemudian penerangan listrik, dan ketersediaan air bersih serta akses internet.ungkap Abdullah.(sgy)
Next Post Previous Post