Workshop Ketahanan Pangan Lokal dengan mengangkat tema “ Membangun Kedaulatan Sistem Pangan Lokal Menuju Kalteng Berkah

KALTENG -MKNews-Acara Workshop Ketahanan Pangan Lokal dengan mengangkat tema “ Membangun Kedaulatan Sistem Pangan Lokal Menuju Kalteng Berkah”, di Grha Dekranasda,Jl.Imam bonjol Palangka Raya pada hari Jumat 30-08-2019.

Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda), Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Tengah dan World Wild Fund (WWF) Indonesia.

Ny. Yulistra Ivo Sugianto Sabran, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah membuka acara yang dihadiri pula oleh sejumlah Ketua Penggerak PKK beberapa Kabupaten dan diikuti oleh para praktisi pangan lokal di Kalimantan Tengah, kalangan mahasiswa dan pelajar serta dimeriahkan kehadiran Chef Ragil.

Dalam sambutannya, Ny. Yulistra Ivo menekankan bahwa Kalimantan Tengah saat ini sedang bekerja dalam percepatan infrastruktur dan pembangunan yang tentu saja memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas menuju Kalteng BERKAH. SDM berkualitas lahir dari keluarga sehat yang memperhatikan kaidah pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dan berasal dari kekayaan hutan, sungai, alam Kalteng sendiri.
Untuk itu, adat budaya pertanian lokal juga harus diperkuat, antara lain melalui kegiatan workshop dan mempromosikan keanekaragaman pangan lokal. “ Saya mengajak media sosial/ para influencer untuk menshare resep-resep makanan lokal kita di Kalimantan Tengah agar lebih bisa menjangkau dan diketahui orang banyak,” ujarnya.

Ivo berharap Ke depannya,acara seperti ini tidak sekedar selebrasi, melainkan dapat diaplikasikan semua unsur OPD untuk menyajikan makanan lokal khas Kalteng dalam acara-acara ataupun kunjungan tamu. Dengan demikian secara tidak langsung kita memberi penghormatan pada adat istiadat dan budaya lokal yang harus terus dijaga dan diteruskan kepada anak cucu.(red)