Keterlambatan Pencairan DD Tahap III Beberapa Desa di Barut Masih Dalam Tahap Pengerjaan


Muara Teweh, MKNews-Diduga akibat keterlambatan pencairan Dana Desa (DD) tahap III akhir tahun, beberapa desa di Kabupaten Barito Utara ada yang masih dalam tahap pengerjaan. Dan bahkan sampai hari ini masih ada yang baru memulai pekerjaan.

Salah satu Warga mengatakan bahwa pelaksanaan pembangunan di desanya mengalami keterlambatan, dikarenakan dana desa baru dikucurkan akhir bulan Desember 2019, sehingga bulan januari 2020 pelaksanaan pembangunan baru dimulai," ungkapnya yang tidak mau disebutkan namanya.

Kepala Desa Sabuh Akmad Junaid sekaligus Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Barito Utara didampingi beberapa orang stafnya saat ditemui media ini mengatakan bahwa pihak masih dalam melanjutkan penyelesaian tahap 3(tiga) tahun lalu," kata Junaid Kamis, 23/01/2020.

Junaid menjelaskan, Desa Sabuh merupakan salah satu Desa binaan PWI seperti Aceh di Indonesia, dan untuk penyerapan Dana Desa tahap ketiga diperuntuhkan pemasangan paping halam TK, sumur gali, rehap ringan Polindes dan pembangunan gudang aset desa," jelasnya.

Lebih lanjut untuk pembangunan di desa Sabuh agak terlambat dikarnakan pencairan Dana Desa mengalami keterlambatan, tetapi kami berkomitmen bulan Febuari mendatang akan tuntas. Dan untuk kedepannya kami mengaharapkan agar pemerintah dapat mencairkan dana desa tepat pada waktunya.

Junaid mengaharapkan agar rekan-rekan kepala desa di Barito Utara selalu menyambut media dengan baik, karena peran media sangat dibutuhkan terutama dalam publikasi kelanjutan pembangunan di desa-desa khususnya di Barito Utara," pungkasnya. (Led)