Ketua DPRD Barito Utara Hadiri Rapat Bersama Tokoh Agama



Muara Teweh, MKNews-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara, Hj. Mery Rukaini menghadiri rapat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Utara bersama dengan tokoh Agama yang berada di Kabupaten Barito Utara. Bertempat di rumah jabatan Bupati Barito Utara, Senin 18/05/2020.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah didampingi Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, H. Jainal Abidin yang dihadiri unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah, Ketua MUI, Dewan Mesjid dan tokoh Agama. Rapat tersebut menindaklanjuti usulan Ibadah sholat Jumat berjamaah di masjid dengan memperhatikan protokol Covid-19.


Bupati H. Nadalsyah mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh undangan yang telah berkenan hadir yaitu dalam rangka menindaklanjuti usulan-usulan yang masuk dari MUI Kabupaten Barito Utara dan tokoh agama yang berada di Barito Utara mengenai pelaksanaan sholat Jumat dan Sholat Idul Fitri 1441 H pada masa Covid-19.

Ketua MUI Barito Utara, KH. Gazali menyampaikan bahwa usulan-usulan yang telah masuk agar di Barito Utara dapat dilaksanakan Sholat Jumat berjamaah di mesjid. Usulan tersebut berdasarkan fatwa MUI pusat nomor 28 tahun 2020. Kami berharap agar kiranya sholat Jumat berjamaah dan hari raya Idul Fitri dapat dilaksanakan seperti biasanya tetapi dengan tetap memperhatikan protokol Covid-19," kata KH Gazali.

Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj. Mery Rukaini juga mendukung terhadap keputusan yang nantinya akan diambil. Dan kami mendukung penuh apapun hasil rapat nantinya apabila itu merupakan keputusan yang terbaik untuk semua pihak dan masyarakat. Pelaksanaan nantinya harus tetap dengan memperhatikan aturan-aturan yang berlaku," tutup Hj. Mery Rukaini.

Dan setelah menimbang dari segala aspek, akhirnya keputusan dari seluruh pihak menyatakan bahwa sholat Jumat berjamaah dan sholat idul Fitri 1441 H akan diizinkan kembali, tetapi tetap mentaati protokol Covid-19. Dan kita semua harus mematuhi protokol Covid-19 ketika ibadah Sholat Jumat dan Sholat Idul Fitri yang dilaksanakan kembali, dan diharapkan masyarakat agar mematuhi aturan yang ditetapkan. (Led)