Dengan Semangat Huma Betang Kita Bersama Membangun Bumi Tambun Bungai

PALANGKA RAYA -MKNews--Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Bertindak sebagai inspektur Upacara mengatakan meski Berbeda dari tahun sebelumnya, upacara bendera kemerdekaan RI Ke-75 tetap dilaksanakan secara sederhana dengan mengutamakan protokol kesehatan dan hanya diikuti kurang lebih 40 orang peserta upacara dari 4 satuan yakni dari TNI, Polri, Satpol PP dan ASN.

Upacara bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 dipusatkan di lapangan  kantor Gubernur, Senin (17/08/2020). 

Sedangkan pengibaran bendera merah putih dilakukan hanya oleh 3 orang anggota Paskibraka. Turut hadir juga anggota Forkopimda dan Kepala OPD lingkup Pemprov Kalteng.

HUT RI ke-75 tahun ini mengusung tema " Indonesia Maju" yang merepresentasikan Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Gubernur dalam sambutannya  menyampaikan sejumlah perkembangan capaian indikator makro pembangunan Kalimantan Tengah dalam mendukung konsep Indonesia Maju antara lain ditunjukkan dari aspek pertumbuhan ekonomi, perhubungan, program tol laut dan ditetapkannya Kalimantan Tengah sebagai daerah pendukung ketahanan pangan nasional (Food Estate) di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas. Presiden Joko Widodo sendiri telah mencananangkannya pada 9 Juli 2020.

Tiga hal penting juga disampaikan Gubernur agar menjadi perhatian bagi Bupati/Walikota se- Kateng yaitu terkait penanganan COVID-19, pencegahan dan penanganan Karhutla dan partisiapsi aktif masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada di Kalteng pada 9 Desember 2020.

Melalui peringatan HUT RI ke-75 Gubernur menggaungkan tekad untuk melaksanakan pembangunan, mengisi kemerdekaan dengan jiwa dan semangat Huma Betang, merdeka dari kebodohan, kemiskinan, keterisolasian dan COVID-19 menuju Indonesia Maju. 

Usai upacara, Gubernur memberikan dan menyerahkan simbolis remisi bagi tiga orang narapidana dan anak pidana dari Lapas kelas II A Palangka Raya, Lembaga Pembinaan Khusus Palangka Raya dan Lapas Perempuan Palangka Raya. 

Teristimewa, Gubernur menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi dan komitmen Gubernur dalam mengerjakan progra keluarga dan kependudukan untun terwujudnya keluarga berkualitas dan keluarga tumbuh seimbang.(red*)