Diduga Dukung Salah Satu Paslon, Oknum Plt. Camat Dan Kepala Desa Di Kapuas Dilaporkan Ke Bawaslu


KUALA KAPUAS,MKNews-Diduga tidak netral, seorang oknum Plt. Camat dan 3 oknum Kepala Desa di wilayah Kabupaten Kapuas, dilaporkan oleh Tim Paslon Gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran - H Edy Pratowo, ke Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Kabupaten Kapuas. 

Koordinator bidang hukum dan advokasi, dari Tim Paslon 02, Sukarlan Fachri Doemas, mengungkapkan, pihaknya telah menyampaikan laporan kepada Bawaslu Kabupaten Kapuas terkait ada 3 oknum kepala desa dan 1 oknum Camat yang membuat postingan dan bukti video. 

"Hari ini saya dimintai keterangan sebagai saksi pelapor terkait laporan kami. Ada postingan di media sosial dan ada bukti video, yang menurut kami dari tim paslon 02, ada indikasi keberpihakan kepada paslon 01, oleh beberapa oknum kepala desa dan ASN. Kami merasa dirugikan," ujar Sukarlan kepada media ini di Kantor Bawaslu Kabupaten Kapuas, Kamis (12/11/2020).

Dijelaskannya, bukti-bukti dugaan tersebut diantaranya screnshoot dan link akun media sosial. Sedangkan bukti oknum camat yakni bukti video, yang terjadi pada Rabu, 4 Nopember 2020 di Desa Karya Bersama Kecamatan Kapuas Murung saat acara Amal penggalangan dana untuk madrasah. 

Sementara itu, ketua Bawaslu Kalteng, Iswahyudi Wibowo membenarkan pihak telah menerima laporan tersebut. Ia menjelaskan, laporan yang masuk  tersebut terkait dugaan perbuatan yang menguntungkan salah satu Paslon. 

"Hari ini kami meminta keterangan kepada pelapor terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN dan Kades dan pidana pemilihan yang diduga memihak atau melakukan perbuatan yang menguntungkan salah satu pasangan calon," ujar  Iswahyudi, kepada sejumlah awak media di kantornya. 

Ditambahkan Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas ini, pihaknya akan mengundang pihak terlapor yakni oknum Kades dan ASN yang dilaporkan. 

Sampai berita ini diturunkan, Plt Camat Kapuas Murung, Darani, saat dihubungi melalui ponselnya belum dapat dikonfirmasi. (Heri*Red)