Kadisdik Kab. Barito Utara, Apresiasi Kiprah Sikomos Kodim 1013/Mtw


Muara Teweh -MKNews- Secara sederhana Kendaraan Sikomos (Sarana Interaksi Komunikasi Sosial), dapat  digambarkan sebagai   kendaraan bermotor dengan roda tiga yang dilengkapi dengan perangkat audio, TV, buku-buku bacaan yang sesuai dengan tingkat anak-anak dan remaja serta pamflet-pamflet tentang rekrutmen anggota TNI serta materi lain yang bermanfaat bagi masyarakat. Kendaraan Sikomos ini merupakan gagasan dari Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto. 

Sikomos Kodim 1013/Mtw sejak diserahkan oleh Danrem 102/Pjg dalam suatu acar resmi yang dihadiri kepala daerah dan unsur pimpinan daerah lainnya, pada akhir November 2020 lalu telah berkiprah mengunjungi berbagai tempat untuk berinteraksi dengan warga masyarakat  dengan  membawa berbagai macam buku bacaan untuk menemani anak-anak dan remaja bermain. Di samping itu juga, pada saat pandemi covid-19 juga melakukan pembagian masker dan menyampaikan himbauan agar masyarakat mentaati protokol kesehatan. Terkait hal tersebut Plt. Kadisdik Kabupaten Barito Utara, Hery Jhon Setiawan, S.Pd.,M.Pd memberikan apresiasi yang mendalam terhadap kiprah Sikomos, dengan menyatakan,"Kami menyambut baik dan sangat meng apresiasi program kegiatan yang telah dilakukan Kodim 1013/Mtw yaitu Program Sarana Interaksi Komunikasi Sosial (SIKOMOS), dengan mengadakan Perpustakaan keliling menggunakan kendaraan sederhana mendatangi lokasi anak-anak dan remaja, memberikan pendidikan pembelajaran dengan membiasakan membaca. 

Hal ini selaras dengan ungkapan bijak, membaca buku  sebagai jendela ilmu pengetahuan. Dengan program tersebut, dinas pendidikan kabupaten Barito Utara sangat terbantu mendidik karakter anak agar selalu belajar dengan membaca untuk meraih masa depan yang lebih baik," tandasnya.

Lebih lanjut, Jhon Setiawan menambahkan, kehadiran dan kiprah Sikomos, dalam sisi lain dapat mengurangi anak-anak kecanduan gadget. Melalui Sikomos dapat mengembalikan minat membaca bagi anak-anak dan remaja, tentang buku-buku  pelajaran maupun cerita-cerita rakyat yang menyenangkan dan sesuai dengan kepribadian Indonesia.