Dandim Pangakalan Bun Terjun Langsung ke Lapangan Ikut Padamkan Api


Kotawaringin Barat -MKNews- Puluhan petugas gabungan baik dari TNI, POLRI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tagana, Damkar, Manggala Agni maupun relawan berjibaku padamkan kebakaran lahan di Kelurahan Mendawai Seberang Kec. Arut Selatan Kab. Kotawaringin Barat, Sabtu (27/02/2021).

Dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 1014 /Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E, serta Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Devy Firmansyah mereka berangkat menuju titik lokasi kebakaran.

Sebelum pemberangkatan, Tim gabungan terlebih dahulu melaksanakan Apel pengecekan di halaman Koramil 1014 - 01/Arut Selatan, hal tersebut di lakuakan untuk mengetahui jumlah personil, kesiapan perlengkapan dan pembagian tugas di lapangan. 

Dengan menggunakan alat yang telah disiapkan sebelumnya, Dandim dan Kapolres turun langsung ke titik sumber api. Mereka tampak berjibaku berusaha memadamkan api agar kebakaran tak merembet semakin parah.

Dalam pernyataannya, Komandan Kodim 1014 /Pbn Letkol Arh Drajad Tri Putro S.E, menjelaskan, semua pihak baik dari TNI, Polri, BPBD, Damkar Tagana, Manggala Agni dan Relawan semuanya telah bekerja secara maksimal agar kebakaran hutan segera teratasi.

Seluruh personel, lanjutnya, telah dikerahkan semua, peralatan untuk memadamkan api juga disiapkan semuanya. Sejauh ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan dan apabila ditemukan faktor kesengajaan bahwa api berasal dari warga yang membakar lahan maka akan ada sanksi tegas, " ungkapnya.

“ Untuk hambatan yang kita alami dalam upaya pemadaman adalah titik api yang ditemukan di areal yang sulit dijangkau di tambah lagi cuaca yang sangat panas dan angin kencang serta vegetasi tanah yang terbakar merupakan lahan gambut yang sangat sulit untuk di padamkan, ,” terangnya.

Sebagian besar api sudah dapat diatasi namun ada beberapa titik yang ampai saat ini api masih belum bisa di padamkan sepenuhnya di karenakan cuaca sudah mulai gelap mengingat faktor kemanan personil dan  pemadaman akan di lanjutkan besok pagi.

Komentar