Optimalkan Penanganan Covid 19 di Daerah, Koramil 1014 - 02/Kumai Siapkan PPKM Mikro Tingkat RT/RW


Kumai (Kotawaringin Barat) - MKNews-Jajaran Kodim 1014 /Pbn bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat dan Tim penanganan Covid 19 terus berkomitmen untuk memutus penyebaran Covid 19 di seluruh wilayah Kota Pangakalan Bun dan sekitarnya melalui kegiatan PPKM berskala mikro di setiap RT/RW berkatagori padat penduduk.

Kegiatan ini merupakan atas intruksi pemerintah pusat yang mencanangkan PPKM berbasis mikro. Salah satu lingkungan masyarakat yang di gagas oleh Jajaran Koramil 1014 - 02/Kumai untuk disiapkan Posko PPKM adalah di Desa Teluk Pulai Kecamatan Kumai Kab. Kotawaringin Barat, hal tersebut di lakukan lantaran lingkungan masyarakat setempat arus keluar masuk ke pemukiman yang cukup ramai sehingga di perlukan pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat sekitar.

Komandan Koramil (Danramil) 1014 - 02/Kumai, Kapten Arm Ahmad Zubaidi pada Selasa, (23/02/2021) mengungkapkan, Dorongan pembentukan posko penanganan covid-19 pada lingkungan RT/RW zona merah sebaran covid-19. Terutama adanya klaster keluarga disuatu lingkungan itu. 

Karenanya, posko yang dibentuk diharapkan menjadi pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian dan evaluasi kegiatan penanganan covid-19 dalam skala mikro.

"Intinya, posko penanganan covid-19 di lingkungan RT/RW berfungsi untuk melakukan pencegahan, penanganan, pembinaan dan menjadi simpul koordinasi dalam pencegahan penyebaran covid-19," tuturnya.

Selain itu, posko penanganan covid-19 dilingkungan masyarakat menjadi sarana penting membantu memberikan sosialisasi 5M kepada masyarakat, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Komentar