Penutupan Program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) Batch Pertama Dihadiri Peserta Negara Asing

KALTENG -  MKNews-BIPA merupakan singkatan dari Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. Program BIPA Kalteng difasilitasi oleh fasilitator asal Kalimantan Tengah yang bekerja sama dengan Euroweek School of Leaders Indonesia for International People, Ikatan Duta Bahasa Kalimantan Tengah (IKADUBAS), Borneo Institute Foundation (BIT), Kalteng Cerdas.

Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Tengah, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Tengah, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah. Program BIPA Kalteng Batch 1 ini, resmi dibuka pada tanggal 20 Juli 2021. Kemudian, untuk jadwal programnya diselenggarakan setiap hari Selasa dan Jum’at melalui virtual Zoom Meeting.

Yohanes Tri Nugroho, selaku Koordinator BIPA Kalteng menjelaskan “Tujuan program BIPA Kalteng ini adalah mengajarkan Bahasa Indonesia dan saling bertukar budaya dengan penutur asing, sehingga proses belajar-mengajar tidak hanya bersifat satu arah saja. Ini sekaligus merupakan upaya untuk memperkenalkan bahasa serta budaya Indonesia dilevel internasional, “ jelasnya saat menghadiri acara penutuan program BIPA melalui Zoom Meeting, Jum’at (27/8/21).

Ia menambahkan “Ada 2 orang peserta asal Polandia, Kamil dan asal Romania, Denise telah menyelesaikan Program BIPA Batch 1 pada hari ini. Hasil yang diharapkan dari program ini adalah peserta dapat mengenal Bahasa Indonesia dan lebih tertarik belajar mengenai bahasa serta budaya Indonesia lebih dalam lagi,” terangnya.

Sejalan dengan acara penutupan BIPA Kalteng, dilaksanakan juga sesi presentasi dari kedua peserta yakni Kamil dan Denise. Masing-masing peserta memaparkan tentang budaya negara asal mereka sehingga fasilitator juga dapat mengenal dan belajar budaya lain. Hal ini, sejalan dengan tujuan program BIPA Kalteng untuk saling mengenal dan bertukar budaya satu sama yang lain.

“Program ini akan dilanjutkan dengan peserta asal Mexico pada batch kedua. Saya dan fasilitator lainnya berharap semoga program ini akan terus berlanjut kedepannya sehingga dapat membangun relasi dan dampak yang lebih luas pada masyrakat bukan hanya kancah nasional, namun juga Internasional, “ kata Yohanes.

Diakhir kegiatan terdapat sesi graduation untuk menutup kegiatan Program BIPA Kalteng Batch 1 yang telah berjalan selama 2 bulan. Seluruh fasilitator dan kedua peserta berfoto bersama 
menandakan berakhirnya kegiatan ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url