Provinsi Kalimantan Tengah Bekerjasama Dengan Euroweek Indonesia Mengadakan Webinar Internasional dengan tajuk “Study Abroad? Go For It!” edisi Studi ke Belanda

Palangka Raya-MkNews-Belanda, menjadi salah satu destinasi negara favorit pelajar Indonesia yang ingin studi ke Eropa. Selain kualitas pendidikan yang tinggi, negeri kincir ini memiliki lingkungan multikultural yang membuat pelajar dari berbagai negara nyaman belajar disana, Belanda juga terbukti menjadi salah satu negara yang paling inovatif dan kompetitif di dunia.

Mempermudah akses informasi dan kesempatan untuk mengenyampendidikan di Belanda, Dinas perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Euroweek Indonesia mengadakan webinar  Internasional dengan tajuk “Study Abroad? Go For It!” edisi Studi ke Belanda pada Sabtu,28 Agustus 2021 dilaksanakan melalui Virtual Zoom Meeting. 

Ini merupakan edisi keempat dari rangkaian webinar international menghadirkan narasumber dari berbagai negara, setelah sebelumnya sudah menghadirkan USA dan Mexico.

NUFFIC NESO, organisasi resmi yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Budaya & Sains Belanda serta Kementerian Luar Negeri Belanda untuk menjadi perwakilan Belanda di Indonesia dalam bidang pendidikan, hadir dalam webinar ini sebagai narasumber bersama Skaiste Slavenaite, former international student di Saxion University of applied sciences.

Plt. Kadispursip Prov. Kalteng Luqman Alhakim dalam sambutannya menyampaikan bahwa sumber daya manusia yang berdaya saing global sangat diperhitungkan saat ini, dan kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi orang-orang yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri dan meningkatkan pemahaman masyarakat. “Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan menantikan kolaborasi lainnya di masa yang akan datang” tuturnya, Sabtu (28/08/21).

Sementara itu, Tito, Plt. Kasie Kurikulum dan Penilaian SMA Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, mewakili Plt. Kepala Disdik Provinsi Kalteng mengharapkan dengan adanya kegiatan  ini diharapkan dapat menambah semangat masyarakat dari berbagai kalangan untuk melanjutkan studinya ke luar negeri. 

Ia menambahkan “Kami sangat mengapresiasi seluruh rangkaian kegiatan ini. Kegiatan seperti ini membuka kesempatan untuk studi ke Luar Negeri, sehingga masyarakat semakin melek akan informasi semacam ini” ucapnya dalam webinar yang dimulai pukul 20.00 WIB.

Fennisya Veronicka, selaku Koordinator Euroweek Indonesia menjelaskan “Webinar Internasional yang diinisiasi oleh Euroweek School of leaders Indonesia  ini semata-mata untuk menyediakan informasi dan membuka kesempatan bagi masyarakat yang tertarik untuk melanjutkan studinya ke luar negeri, dengan harapan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya edukasi, hingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas unggul” terangnya.

Sebagai salah satu platform penyedia informasi edukasi, dalam webinar yang diikuti lebih dari 50 peserta, NUFFIC NESO melalui M. Maulana Malik sebagai Education Promotion Officer NUFFIC NESO membagikan informasi mengenai studi di negara Belanda, mulai dari jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, biaya yang diperlukan, kesempatan apa yang bisa diperoleh, hingga tips dan trik melanjutkan studi ke Belanda. Maulana menjelaskan “Melanjutkan studi ke Belanda tidaklah mudah dan memiliki persaingan yang ketat. Namun, Everything is possible. Just do it and go for it.

Kegiatan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB, dan peserta antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan, terlihat dari banyaknya pertanyaan dalam room chat maupun yang menyampaikan langsung kepada narasumber.

Diakhir kegiatan, peserta memberikan tanggapan dan berharap, kegiatan semacam ini dapat terus terlaksana, sehingga menghasilkan orang-orang dengan wawasan yang luas, dan membuka kesempatan kepada pemuda/mahasiswa Indonesia untuk dapat melanjutkan studi di luar negeri, dan membawa semua ilmunya untuk memajukan bangsa Indonesia yang lebih baik.(Ibnu)

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url