Perhatikan Kualitas Pendidikan di Kalteng khususnya dimasa pandemi Covid-19 Gubernur Sugianto Sabran Pantau Vaksinasi Untuk Pelajar

Kotawaringin Barat– MkNews– Kunjungan Kerja Gubernur Kalteng Bersama Forkapimda Ke Kotawaringin Barat meninjau secara langsung Vaksinasi bagi pelajar pada sejumlah sekolah SMA/SMK di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Sabtu (28/08/2021). 

Dalam kunjungan tersebut,Gubernur didampingi Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kalteng. 

Dari Pemerintah Daerah hadir Bupati Kotawaringin Barat dan Forkopimda Kotawaringin Barat.Pelaksanaan vaksinasi massal digelar di dua tempat yaitu di SMK 1 Pangkalan Bun dan SMA 1 Kumai, diikuti sebanyak 826 siswa SMA dan 892 siswa SMK.

Peninjauan ini dilakukan, setelah sebelumnya Gubernur melakukan peninjauan vaksinasi di wilayah Kota Palangka Raya dan daerah lainnya. Diketahui, total jumlah pelajar SMA/SMK dan SLB se-Kalteng sebanyak 94.144 pelajar.

Semangat Gubernur H. Sugianto Sabran dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kalteng khususnya dimasa pandemi Covid-19 menjadi pemantik antusiasme para pelajar sekolah SMA/SMK dan SLB di Kabupaten Kotawaringin Barat dalam mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan hari ini Sabtu, 28 Agustus 2021. 

Antusiasme pelajar tersebut juga didasarikerinduanparapelajar untukDapat melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan para tenaga pengajar di sekolah.

Disela-sela kunjungannya, Gubernur bersama rombongan berkesempatan menyapa dan berdialog dengan para pelajar untuk mengetahui keinginan dan kondisi pelajar selama pandemi Covid-19 dimana sekolah saat ini dilakukan secara virtual/daring.

“Ini adalah wujud salah satu ikhtiar kita melakukan percepatan penanganan Covid-19 di Kalimantan Tengah, terutama untuk kalangan pelajar. 

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini meminta pelajar untuk menjaga protokol kesehatan dalam beraktifitas.

“Ini masa depan pelajar, saya meminta pelajar untuk menjaga prokes dalam beraktifitas dan menjaga kondisi termasuk juga sabar dalam menghadapi belajar secara daring”, imbuhnya.

Gubernur meminta vaksinasi untuk pelajar cepat diselesaikan sehingga sekolah tatap muka dapat dilaksanakan.Hal ini sehingga kita harapkan putra puteri kita bisa segera kembali melakukan pembelajaran tatap muka. 

Insya Allah kita berupaya mengejar target dua bulan kedepan bisa tercapai untuk kalangan pelajar, tergantung nantinya penyaluran dari pusat. Ini juga kami laporkan ke Pak Presiden dan satgas nasional,” ucap Gubernur.

“Memang kondisi saat ini sangat berat dan penuh tantangan. Namun kami berupaya agar vaksinasi untuk pelajar ini cepat diselesaikan sehingga dapat sekolah tatap muka lagi,” tambahnya.

Sebagaimana arahan Presiden RI H. Joko Widodo bahwa syarat untuk melakukan pembelajaran tatap muka adalah seluruh pelajar dalam satu kelas harus dilakukan vaksinasi Covid-19.Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut strategi yang dilakukan Gubernur Sugianto Sabran adalah dengan melakukan percepatan vaksinasi dengan melibatkan ribuan vaksinator terlatih baik dari instansi Pemerintah Daerah juga instansi TNI dan Polri.

Upaya lain adalah dengan melibatkan peran aktif para guru dan kepala sekolah serta orang tua murid untuk meningkatkan partisipasi aktif dari para siswa agar mau dilakukan vaksinasi Covid-19 dan hal itu tercapai ketika melihat animo para pelajar dalam mengikuti vaksinasi.

Pada beberapa kesempatan, Gubernur juga secara aktif melaporkan progres vaksinasi yang telah dilakukan pada Pemerintah Pusat melalui Menteri Kesehatan RI sekaligus meminta tambahan alokasi vaksin untuk masyarakat Kalimantan Tengah, agar target vaksinasi dapat segera tercapai dan terwujud herd imunity bagi masyarakat Kalteng sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa khususnya pembelajaran disekolah dapat segera dilakukan secara tatap muka.


Komentar