Asah Kemampuan Prajurit, Dandim 1016 Palangka Raya Pimpin Latihan Menembak

Palangka Raya - MkNews-Komandan Kodim 1016/Palangka Raya, Kolonel Inf Rofiq Yusuf, memimpin langsung latihan menembak senjata ringan Triwulan III terhadap para personelnya di lapangan tembak Yonif Raider 631/Antang, Jalan Cilik Riwut Km. 6, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Palangka Raya, Kamis (30/9/2021). 

"Kemampuan menembak merupakan suatu hal yang wajib dimiliki oleh seluruh prajurit TNI. Dengan latihan secara bertahap bertingkat dan berlanjut, kemampuan menembak para prajurit akan terasah dan terbina," ucap Kolonel Rofiq.

Dalam latihan menembak itu senjata yang di gunakan adalah  SS-1 dan M-16 dengan jarak sasaran tembak sejauh 100 meter.

Dandim 1016/Plk, Kolonel Inf Rofiq Yusuf selaku Pimpinan Umum Latihan menyampaikan bahwa, "Latihan yang di laksanakan hari ini merupakan upaya pemeliharaan kemampuan para prajurit, khususnya dalam bidang menembak. Kemampuan menembak sangat penting dan wajib di miliki para Prajurit guna mendukung pelaksanaan tugas kedepan,"

Walaupun pandemi Covid-19 melanda, kata Dandim, kemampuan dasar prajurit tidak boleh luntur, sehingga diperlukan latihan secara terprogram. 

"Latihan secara terprogram dan rutin harus dilaksanakan, meski Kodim merupakan satuan teritorial yang lebih mengutamakan soft power dalam bertugas," ucapnya.

Dalam situasi apapun, kata dia, kemampuan dasar seorang prajurit tidak dapat ditinggalkan begitu saja, tapi harus terus di asah dan dipertajam untuk menghadapi tantangan tugas ke depan. "Setiap pelaksanaan latihan kita mempunyai target guna mengetahui perkembangan peningkatan kemampuan prajurit," kata dia.

Namun demikian faktor keamanan tetap diutamakan sehingga seluruh pendukung dan peserta harus betul-betul menerapkan prosedur keamanan dalam menembak. "Semua prajurit sama-sama bertanggung jawab atas tertibnya pelaksanaan latihan menembak sehingga kegiatan dapat berjalan aman dan lancar," pukasnya. (Pendim 1016/Plk)

Komentar