Gubernur Sugianto Sabran Tinjau Bendungan Karau di Barito Timur

BARTIM- mediakaltengnews.com-Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja (kunker) dalam rangka untuk meninjau Bendungan Karau yang berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur (Bartim),  Jumat (3/12/2021). 

Beberapa Kepala Perangkat Daerah Provinsi turut dalam rombongan kunker Gubernur tersebut, antara lain Kepala Dinas PUPR Shalahuddin, Kepala Bappedalitbang Kaspinor, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sunarti, Kepala BKD Lisda Arriyana, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Yulindra Dedi, dan Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Johni Sonder. 

Kedatangan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran beserta rombongan tersebut disambut langsung oleh Bupati Barito Timur Ampera A.Y. Mebas, Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, Forkopimda setempat, dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten yang terkait. Rombongan Gubernur kemudian langsung melakukan peninjauan ke Bendungan Karau. 

Dalam sesi wawancara usai kegiatan peninjauan, Gubernur Sugianto Sabran menjelaskan bahwa kunjungan kerjanya ini adalah dalam rangka untuk melihat potensi pertanian Kabupaten Barito Timur yang begitu besar, terutama karena ditunjang dengan keberadaan Bendungan Karau tersebut. 

"Tadi yang dikunjungi, sudah pasti kita melihat potensi pertanian yang sangat luar biasa di Bartim, karena kenapa, adanya bendungan Karau, yang mana ini kepunyaan Kementerian PUPR. Yang mana bendungan ini bisa menghasilkan pertanian, yang biasa dulu, mungkin petani sini dulu, yang mana masih menghasilkan IP (Indeks Pertanian) 100, 1 kali tanam saja, terus sekarang bisa IP200 sampai bahkan ada yang IP300," ungkap Gubernur. 

Untuk itu, Gubernur Kalteng pun berharap Kabupaten Barito Timur nantinya mendapatkan perhatian Pemerintah Pusat, khususnya pengembangan Bendungan Karau agar bisa mengaliri lahan yang lebih luas lagi, yang tentunya akan semakin meningkatkan produktivitas potensi pertanian kabupaten ini. 

"Mudah-mudahan ini nantinya, dapat perhatian dari Pemerintah Pusat, Bartim ini bisa dibantu dengan dana DAK, apakah dana DAK dari Kementerian PUPR, nanti kita bicarakan, kita usulkan bahwa bendungan ini bisa ditambah lagi luasannya," harap Gubernur Sugianto Sabran. 

Gubernur Sugianto Sabran pun menerangkan bahwa ini pengembangan potensi pertanian Barito Timur ini sangat penting dilakukan, terlebih lagi dengan adanya pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Provinsi Kalimantan Timur. "Mudah-mudahan Bartim ada mengambil bagian, karena Bartim itu mendekati IKN," kata Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. 

Selanjutnya, Gubernur Kalteng juga mengemukakan bahwa hasil kunjungan kerja ini nantinya menjadi bahan pembahasan dalam penyusunan perencanaan pembangunan di tahun 2023. Gubernur pun menekankan pentingnya sinergisitas dan kerja sama Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, untuk mewujudkan Pembangunan Kalteng Makin Berkah. 

"Semuanya itu kan dampaknya bagaimana masyarakat Kalteng itu, Kalteng ini bisa membangun dan bermartabat, dan akhirnya masyarakatnya sejahtera. Sejahtera itu kuncinya, Kalteng itu bermartabat, sehingga masyarakatnya sejahtera. Itulah arti daripada penjabaran BERKAH itu," pungkas Gubernur. 

Lebih lanjut, selesai peninjauan di Bendungan Karau Kabupaten Barito Timur tersebut, Gubernur Sugianto Sabran beserta rombongan kemudian melanjutkan rangkaian kunjungan kerja dengan mengunjungi Kabupaten Barito Selatan, untuk meninjau potensi di Desa Danau Sadar. (Lulu)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url