DPP PBB Banama Kalteng Kukuhkan Pengurus DPC PBB Banama Tanjung Jariangau

PALANGKA RAYA - MKNews- DPP PBB Banama Kalteng melaksanakan acara pengukuhan Pengurus DPC PBB Banama Tanjung Jariangau Kabupaten Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu 18 Februari 2023, yang di laksanakan di Desa Tanjung Jariangau. 

Pengukuhan yang langsung di pimpin oleh Ketua Umum DPP PBB Banama Provinsi Kalimantan Tengah  ini juga di hadiri oleh Waketum DPP PBB Banama Kalteng, Zainuddin Tachman, Sekjen Diprit LT Garang, Wasekjen Yonathan Rint, Ketua Dewan Guru, Galang Dewa, Ketua Pasukan Milenial, Ahmad Tommy, Ketua DPC Tanjung Batur, Wendy, Ketua DPC Pujon, Sudirman serta Ketua DPD Kota Palangka Raya Golen Gusnawan.

Dalam acara pengukuhan ini sendiri, sebagai bukti komitmen organisasi terhadap upaya pelestarian adat dan budaya Suku Dayak Kalteng, dilaksanakan dengan melalui tahapan ritual budaya yang berlaku di kehidupan suku Dayak Kalteng, yakni Potong Pantan, Lawang Sekepeng dan upacara Tampung Tawar. 

Dalam keterangannya, Ketua Umum DPP PBB Banama Kalteng, Budi HD, yang di dampingi oleh Ketua DPC PBB Banama Kalteng, Munawar, menjelaskan bahwa Pengukuhan DPC Tanjung Jariangau ini adalah salah satu dari rangkaian program kerja DPP PBB Banama Kalteng Tahun 2023, termasuk di dalamnya adalah penekanan pada komitmen terhadap upaya pelestarian adat dan  budaya Suku Dayak Provinsi Kalteng yang merupakan misi utama dalam AD/ART PBB Banama Kalteng. 

"Kami ingin memastikan bahwa komitmen terhadap pelestarian adat dan budaya Suku Dayak Provinsi Kalteng di jalankan oleh seluruh DPD dan DPC PBB Banama se Kalteng, sehingga misi organisasi yang tercantum dalam AD/ART PBB Banama Kalteng terlaksana," ungkap Budi HD. 

Ia meneruskan bahwa DPC Dan DPC PBB Banama Kalteng agar dapat berperan aktif dan menjalin kerjasama dengan masing-masing pemerintah daerah di mana organisasi berdomisili. 

"Juga, kita ingin putra putri Suku Dayak Kalteng dapat di libatkan dalam berbagai program sosial ekonomi pemerintah daerah sehingga kami juga turut menikmati kemajuan pembangunan yang notabene berasal dari kekayaan alam kami yang di peruntukkan bagi kesejahteraan bersama," pungkas Budi. 

Selain tahapan ritual budaya di atas, acara tambahan dari upacara pengukuhan ini adalah Tari Mandau persembahan dari DPC PBB Banama Tanjung Jariangau serta atraksi budaya warisan leluhur yang di persembahkan oleh DPP PBB Banama Kalteng. (Din,kt)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url