Diikuti 136 Peserta, Wabup Buka Secara Resmi MTQ At-Ta’awun I Tingkat TK dan SD/MI

KUALA KAPUAS, MKNews – Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor membuka secara resmi Musabaqah Tahfidzul Qur’an (MTQ) At-Ta’awun I Tingkat TK dan SD/MI se-Kota Kuala Kapuas yang digagas Yayasan At-Ta’awun Kuala Kapuas, bertempat di Gedung SDS Islam At-Ta’awun, Jalan Patih Rumbih, Kuala Kapuas, Sabtu (1/4/2023).

Dalam pembukaan kegiatan tersebut tampak hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kapuas Aswan, Ketua Yayasan At-Ta’awun Kuala Kapuas Sungkowo Puji Basuki, perwakilan LPTQ Kapuas sekaligus Kemenag H Nabhan serta sejumlah Tokoh Agama setempat dan juga Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Selat

Memulai sambutannya, Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengapresiasi atas gagasan Yayasan At-Ta’awun Kuala Kapuas yang telah menggelar kegiatan Musabaqah Tahfidzul Qur’an kali ini, dimana hal ini menurutnya merupakan kegiatan yang memberikan dampak positif bagi para anak-anak generasi muda.

“Kalau kita punya anak-anak generasi muda yang bisa Tahfidzul Qur’an, maka hal ini akan membuat rumah yang kita tempati dipenuhi dengan cahaya Al-Qur’an. Untuk itu kita berusaha dalam memberantas dari pada buta huruf Al-Qur’an di wilayah Kabupaten Kapuas,” tutur Nafiah.

Melihat banyaknya peserta dalam kegiatan ini, dirinya pun bersyukur karena sekarang ini anak-anak sudah pandai dalam membaca Al-Qur’an. Oleh karena selaku pihak Pemerintah Daerah, Nafiah menyampaikan penghargaan atas terlaksananya kegiatan MTQ ini.

“Mari kita tanamkan nilai-nilai islami sejak dini kepada mereka serta membangun generasi-generasi yang berkarakter cinta terhadap Al-Qur’an,” ucapnya.

Dikesempatan yang sama juga, Ketua Yayasan At-Ta’awun Kuala Kapuas Sungkowo Puji Basuki mengungkapkan tujuan terlaksananya kegiatan ini sebagai instrumen untuk mengukur serta mengevaluasi capaian program Tahfidz Al-Qur’an yang telah ditetapkan oleh Lembaga Pendidikan Yayasan At-Ta’awun.

“Kita berusaha untuk menanamkan sedini mungkin kepada anak-anak sehingga kelak akan menjadi terbiasa dan gaya hidup mereka dengan menerapkan nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an,” imbuhnya.

Sehingga lanjut Basuki, para anak-anak ini memiliki bekal untuk membentengi diri dari derasnya arus industri yang sangat pesat saat ini, dengan berpegang kepada nilai islami dalam Al-Qur’an.

Adapun terkait kegiatan ini, Ketua Panitia, Tega Barudin dalam laporannya menyebutkan jenis perlombaan yakni ada lomba Tahfidzul Qur’an dan doa-doa tingkat TK. Selanjutnya lomba Tahfidzul Qur’an tingkat SD dengan tiga kategori yakni kategori pertama surah-surah pendek dari Ad-Dhuha sampai An-Nas.

Selanjutnya kategori kedua setengah juz dari Surah At-Thoriq sampai An-nas dan kategori ketiga 1 juz dari surah An-Naba. Kemudian terdapat juga lomba pidato islam dan lomba adzan dengan total peserta yang mengikuti kegiatan mulai dari tingkat TK sampai SD/MI sebanyak 136 peserta. (Heri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url