Cegah Konflik Sosial, Polda Kalteng Gelar Rakor Satgas PKS Besama Forkopimda

Palangka Raya - MKNews-Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Satgas Penanganan Konflik Sosial di Provinsi Kalteng, yang bertempat di Aula Arya Dharma, Mapolda setempat, Kamis (14/12/2023) siang.

Hadir dalam rakor tersebut, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Kajati DR. Undang Magupol, S.H., M.Hum. dan para pejabat utama Polda serta turut dihadiri sejumlah Forkopimda Kalteng.

Dalam sambutanya, Kapolda Kalteng menyampaikan bahwa konflik sosial merupakan salah satu ancaman terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. 

"Konflik sosial ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Untuk itu diperlukan upaya dalam penanganan dan mencegah terjadinya konflik sosial. Dengan kita tahu lebih awal, maka kita punya waktu yang cukup untuk menyelesaikan persoalan-persoalan itu dengan baik dan benar," ungkap Kapolda.

Lebih lanjut, Kapolda mengatakan bahwa salah satunya upaya tersebut ialah pencegahan konflik melalui peningkatan kapasitas kelembagaan dan sistem peringatan dini.

"Selain itu, upaya penghentian konflik dengan membatasi perluasan eskalasi konflik serta pemulihan pasca konflik melalui rekonsiliasi, rehabilitasi dan rekonstruksi. Dan tentunya dengan melibatkan stakeholder terkait secara bersinergis dan komprehensif," ujarnya.

Sementara itu, Kabidhumas Kombes Pol Erlan Munaji, S.IK., M.Si. menyebut, rakor ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas dan efektivitas satgas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial.
 
"Diharapkan melalui rakor ini dapat dijadikan untuk saling bertukar informasi, guna meningkatkan kemampuan dalam menangani konflik sosial sehingga dapat menciptakan kamtibamas yang aman dan damai, khususnya menjelang Pemilu 2024," imbuhnya.

Diakhir kesempatannya, Kabidhumas mengajak seluruh peserta rakor untuk  kita bersama-sama mendukung dan mengawal suksesnya pelaksanaan Pesta Demokrasi 2024. Sehingga dapat berlangsung dengan baik, jujur, adil, aman, dan damai.

Komentar