Pemkab Mura Lakukan Kerjasama CPPD dengan Bulog Muara Teweh

Puruk Cahu, mediakaltengnews.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Murung Raya (Mura) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) setempat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Perum Bulog Muara Teweh, Rabu (08/11/2023. 

Kesepakatan MoU Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) ini dilakukan untuk menjamin penyelenggaraan ketersediaan pangan di Murung Raya. Penandatanganan dilakukan langsung Kadis Ketahanan Pangan Mura Dr Yulianus MPd dengan Pimpinan cabang Perum Bulog Muara Teweh Abdul Mukti, di kantor Ketahanan Pangan Murung Raya.

Kadis Ketahanan Pangan Murung Raya Yulianus mengatakan, cadangan pangan memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas harga pangan, terutama pada komoditi pangan pokok seperti beras, jagung dan kedelai yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat. 

“Saat terjadi lonjakan harga disebabkan kurangnya pasokan, cadangan pangan dapat dilepas ke pasar untuk menstabilkan harga. Sebaliknya jika harga beras anjlok dapat disimpan sebagai cadangan pangan untuk mengurangi pasokan yang berlimpah di pasar,” terang Yulianus.

Lanjutnya, sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, pengelolaan cadangan Pangan Nasional setidaknya mencakup cadangan pangan pemerintah, cadangan pemerintah daerah yang meliputi cadangan pangan provinsi, kabupaten dan desa serta cadangan pangan masyarakat. 

“Cadangan pangan ini sangat penting untuk mengantisipasi kurangnya ketersediaan pangan, kelebihan ketersediaan pangan, gejolak harga pangan atau keadaan darurat,” kata dia.

Komentar