Organisasi Nelayan Teluk Siwak Kecamatan Montallat, Turut Berbagi Pada Warga Terdampak Banjir

BARITO UTARA, MKNews-Curah hujan dengan intensitas yang tinggi di wilayah Kabupaten Barito Utara mengakibatkan meluapnya air sungai Barito yang berdampak pada roda perekonomian masyarakat, terutama Kecamatan Montallat yang tinggal di daerah bantaran sungai Barito.

Keprihatinan dan kepedulian turut dirasakan oleh Perkumpulan Nelayan atau Organisasi Nelayan Teluk Siwak (NTS) di Kecamatan Montallat yang berdiri sejak tahun 2018 silam tersebut terhadap sesama, yaitu dengan membagikan paket sembako kepada warga sekitar.

Organisasi NTS yang saat ini diketuai Gusti Gunawan Wibisana, melalui Ketua Hariannya Aryuni mengatakan, bahwa bantuan sembako yang dibagikan secara langsung kepada warga yang terdampak banjir yaitu di Kelurahan Tumpung Laung I dan II Kecamatan Montallat.

"Kami tidak mau kalah dengan para Caleg atau pemerintah, organisasi
yang telah lama dibentuk ini berlomba mencari pahala dan ikut menyisihkan sebagian dari hasil usaha yang mereka geluti di bidang perairan yaitu sebagai nelayan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito untuk dibagikan kepada warga yang membutuhkan bantuan pada saat bencana," kata Aryuni.

Menurutnya bantuan yang diberikan tersebut adalah bentuk kepedulian sosial dan komitmen dari Organisasi Nelayan Teluk Siwak dengan membagikan 10 persen hasil yang di dapat. Disamping kegiatan sosial lainnya, seperti kematian dan warga kurang mampu yang membutuhkan pertolongan segera, maka kami segera membantu tanpa melewati prosedur dan tahapan yang bersifat menunggu lama.

"Lebih lanjut organisasi ini lanjutnya, merupakan perkumpulan bagi warga dengan pekerjaan sebagai Nelayan dalam melakukan aktivitas yaitu Penyambangan Kapal dan memberikan jasa petunjuk arah bagi kapal tongkang bermuatan batubara yang melintas di Teluk Siwak Kecamatan Montallat yang terkenal sering berubah alurnya.

"Akibat alurnya yang sering berubah mengakibatkan tongkang menjadi kandas, dan nelayan-nelayan inilah yang menjadi petunjuk bagi kapal. Dengan balas jasa diberikan oleh kapal, sebagian dari hasil di teruskan kepada warga sekitar yang benar-benar membutuhkan. Dari hasil itulah dibelikan 150 paket sembako dengan menggunakan uang kas organisasi sendiri. Bantuan yang diberikan kepada warga tersebut berupa, gula, kopi, teh, mie instan dan lainnya,"ungkapnya.

Organisasi yang terkoordinir dan juga bersifat positif ini memberikan dampak secara langsung bagi warga, dan mendapat kesan positif dari warga sekitar atas kegiatan tersebut. Karena ini merupakan hasil dari jerih payah usaha Organisasi Nelayan Teluk Siwak. Semoga bantuan yang diterima dapat bermanfaat bagi warga jangan diukur nilainya, sebab pasti tidak akan sepadan dengan penderitaan saudara-saudara," pungkasnya. (Led)

Komentar