Perusahaan Ingkar Janji, Warga Penda Durian Akan Demo PT IPK

Foto : Puluhan warga Desa Penda Durian, Kecamatan Mentaya Hulu saat mendatangi PT Intiga Prabhakara Kahuripan (IPK) untuk menuntut janji kebun kemitraan beberapa waktu lalu.


MENTAYA HULU, MKNews -Warga Desa Penda Durian, Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur, mengancam akan mendemo PT Intiga Prabhakara Kahuripan (IPK), jika perusahaan tersebut tidak memberikan sinyal positif terhadap tuntutan warga yakni adanya pemberian plasma bagi masyarakat desa Penda Durian. 

Warga menuntut pihak perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit‎ itu membangun kebun kemitraan sesuai apa yang sudah disepakati bersama masyarakat.

‎Juru bicara masyarakat, Ahmad Maulana mengatakan, rencana warga melakukan klaim lahan berawal dari kekecewaan terhadap PT IPK karena belum merealisasikan kebun kemitraan atas perkebunan kelapa sawit yang dikelola oleh perusahaan. Padahal, sudah ada kesepakatan warga dengan perusahaan pada tahun 2016 lalu.

"Padahal sejak awal setelah dilakukan Ganti Rugi Tanam Tumbuh (GRTT) bahwa pihak PT IPK siap membangun kebun kemitraan untuk warga masyarakat Penda Durian,"ucapnya.

Menurutnya , hingga saat ini perusahaan belum menunjukan itikad baik atas tuntutan masyarakat yang menjadi mitranya.

"Tidak ada etikat baik dari pihak perusahaan sampai saat ini, malah kita dibenturkan dengan pihak lain," ujar Maulana, Sabtu (30/032019).

Dijelaskannya, persoalan ini beberapa waktu lalu sudah dilakukan mediasi, bahkan sudah sampai beberapa kali, namun belum juga menemukan titik terang. Pihak perusahaan disebutnya hanya berjanji segera menindaklanjuti persoalan ini, tanpa ada kejelasan hingga saat ini.

"Saya cuma berharap dan sarankan agar pihak perusahaan segera memberi jawaban pasti atas tuntutan masyarakat. Ini semua demi kebaikan bersama dan juga tidak ada yang merasa di rugikan," pungkasnya.(unt)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url