Rembug Desa Guna Meningkatkan Pengawasan Dana Desa

Muara Teweh, MKNews-Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menyelenggarakan Rembug Desa se- Kabupaten Barito Utara Tahun 2019, yang  dihadiri perwakilan dari kepala perangkat daerah yang di wakili oleh Kadis Kominfosandi Barut, M.Iman Topik, S.IP,Si serta pihak pengawas Desa di Aula Kecamatan Teweh Tengah, Muara Teweh, Rabu 10/04/2019.

Bupati Barito Utara, H. Nadalsyah mengatakan bahwa saat ini pengalokasian dana desa yang bersumber dari dana APBN ini menjadi sorotan karena rawannya penyalahgunaan, sehingga perlu diadakannya pengawasan dan pengawalan berjenjang baik dari desa hingga tingkat pusat.

"Pengawalan lebih intensif dari pihak-pihak terkait dapat memberikan keyakinan yang lebih memadai bahwa dana desa telah dilaksanakan sesuai dengan undang-undang yang berlaku, pengawasan akan mempunyai makna jika dapat mencegah terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan program dan kegiatan, sehingga dapat mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan," ucap Nadalsyah.

Kepala Dinas Sosial Pengembangan Masyarakat Desa, Plt. Eveready Noor, SE dalam  laporannya menyampaikan peserta pada rembug Desa kali ke dua ini berasal dari pihak kecamatan, Kepala Desa dan Badan Permusyawratan Desa se- Kabupaten Barito Utara yang bertujuan guna mengingatkan kembali pemahaman akan aturan dalam pelaksanaan dari alokasi dana desa.

Sehingga pada Tahun 2019 ini, seluruh desa di Kabupaten Barito Utara dinyatakan clear, tidak ada permasalahan dalqm pertangung jawaban dana desa jelasnya. Adapun narasumber pada kegiatan ini berasal dari perwakilan kejaksaan Negeri, Polres dan Inspektorat Kabupaten Barito Utara." Dalam kegiatan ini kita mengadakan rembug sekaligus diskusi, yang mana nantinya para narasumber akan memaparkan materi masing-masing.(Led)

Back To Top