GUBERNUR APRESIASI PETANI PADI EKS LOKASI PEDA KTNA XII KOTAWARINGIN TIMUR


KOTIM MKNews-Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, memberikan apresiasi kepada para petani padi di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, eks lokasi Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XII Kotawaringin Timur, atas realisasi hasil panen tahun ini untuk mendukung ketersediaan stok pangan, khususnya di masa pandemi Covid-19 (Virus Corona) seperti saat ini.

Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur, melalui BPP Pelangsian sebagai pusat informasi Kostra Tani di wilayah Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, menyikapi arahan Gubernur Sugianto Sabran, untuk memantau kondisi lapangan di tingkat petani dalam rangka pengamanan ketersediaan stok pangan di sentra produksi. Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang pada tahun 2019 menjadi kecamatan terpilih untuk pelaksanaan PEDA KTNA XII Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah merupakan sentra kawasan agribisnis pertanian yang mensuplai kebutuhan komoditas pangan dan hortikultura di wilayah Kota Sampit dan sekitarnya.

Luas panen padi di Kecamatan Mentawa Baru Ketapang untuk musim tanam Oktober 2019 hingga Maret 2020 mencapai 570 hektar. Sebaran panen terbanyak di dua desa sentra padi, yakni Bapeang dan Telaga Baru. Realisasi panen dari Januari hingga April 2020 mencapai 300 hektar. Provitas padi sawah berdasarkan ubinan swadaya mencapai 5,8 ton/ha gabah kering panen (GKP), sedangkan padi gogo mencapai 2,6 ton/ha GKP. Jenis varietas pertanaman cukup beragam, dari jenis Inpari 42, Situ Bagendit, Batang Gadis, Hibrida, dan varietas lokal siam epang,“ lapor Kepala BPP Pelangsian, Supadi, kepada Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur, I Made Dikantara, pada saat kegiatan panen padi di Kelompok Tani Hamparan, Desa Bapeang, Minggu (26/4/2020).

“Terimakasih Petani Bumi Habaring Hurung yang mendukung Program Kalteng Berkah dan Dinas Pertanian Kotawaringin Timur yang siaga melaporkan kondisi lapangan meski menghadapi pandemi Covid -19. Semua tetap semangat bekerja demi Kalimantan Tengah. Jaga kesehatan dan tetap jaga jarak, “ pesan Gubernur Sugianto Sabran mengakhiri jumpa pers hari ini, Senin (27/4/2020).

(IS-DTPHP/ran)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url