Cek Penanganan Karhutla, Kompolnas Ri Kunjungi Polres Katingan

Katingan – MKNews-Dalam rangka pengawasan kinerja Polri untuk penanganan Karhutla, Kompolnas Republik  Indonesia melakukan kunjungan ke Polres Katingan, Rabu (28/8/2019) pagi.
Kunjungan  tersebut yang diterima Wakapolres Katingan Kompol OK. Azhar, S.E., mewakili Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., berserta para pejabat utama, para Kapolsek Jajaran dan perwira Polres Katingan di Lobby Polres Katingan Sanika Satyawada.

Kegiatan Kompolnas RI di Polres Katingan,  dipimpin oleh Komisioner Kompolnas Irjen Pol. Purn. Drs. Yotje Mende, S.H., M.Hum., didampingi Kepala Sekretariat Kompolnas Brigjen Pol. Drs. Yehu Wangsajaya, M.Kom dan Staf Itwasda Polda Kalteng.
Kapolres Katingan AKBP E. Dharma B. Ginting, S.H., S.I.K., M.H., diwakili Wakapolres Katingan Kompol OK. Azhar, S.E., dalam sambutannya menyampaikan situasi wilayah hukum Polres Katingan, langkah-langkah dalam harkamtibmas dan bagaimana penanganan lanjut masalah pelayanan pengaduan masyarakat terkait dengan penengakkan hukum  serta langkah-langkah preemtif, preventif dan represif yang sudah dilaksanakan Polres Katingan dalam penanganan Karhutla.

Saat  menyampaikan arahan Komisioner Kompolnas Irjen Pol. Purn. Drs. Yotje Mende, S.H., M.Hum., lebih awal menjelaskan sejarah berdirinya Kompolnas RI dan tugas serta kewenangan Kompolnas, yang salah satuntya adalah melakukan pengawasan terhadap kinerja Polri dalam penanganan Karhulta.

“ Karhutla saat ini menjadi trending topik berita nasional, karena hampir disetiap wilayah yang ada di Indonesia terjadi Karhutla, khususnya di wilayah Sumatera dan Kalimantan, sehingga Kompolnas selaku pengawas tugas Polri ikut bertanggung jawab terhadap Kinerja Polri dalam enanganan karhutla, dan langkah-langkah apa saja yang sudah dilaksanakan oleh Polri khususnya Polres Katingan dalam penanganan Karhutla tersebut “, jelas Irjen Pol. Purn. Drs. Yotje Mende, S.H., M.Hum.

Kompol OK. Azhar, S.E, pun menjelaskan langkah-langkah yang sudah dilakukan oleh Polres Katingan penanganan Karhutla adalah dengan melaksanakan kegiatan Operasi Mandiri Kewilayahan dengan sandi operasi “Bina Karuna Telabang 2019 “ sebagai pra kondisi karhutla dengan melakukan binluh, sosialisasi, dan pemasangan spanduk, selain itu dalam penaggulangannya Polres Katingan bekerjasama dengan Manggala Agni dan BPBD  (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) baik tingkat Provinsi Kalteng maupun Kabupaten Katingan membentuk tim terpadu gabungan dengan melaksanakan kegiatan patroli pencegahan dan penanganan karhutla yang terjadi di wilkum Polres Katingan.

Polres Katingan juga membuat inovasi dalam penanganan karhutla yaitu dengan memodifikasi kendaraan dinas patroli roda dua yang ada di Polres dan Polsek yang dilengkapi dengan alkon, selang dan nozzle, sehingga apabila saat patroli menemukan karhutla langsung melakukan penanganan untuk memadamkan api karhutla.
Usai memberikan arahan, Komisioner Kompolnas Irjen Pol. Purn. Drs. Yotje Mende, S.H., M.Hum., didampingi Brigjen Pol. Drs. Yehu Wangsajaya, M.Kom dan Wakapolres Katingan menguji coba alat pemadam api yang dimodifikasi pada kendaraan dinas patroli roda dua Polres Katingan dan mengunjungi sentra pelayan public Polres Katingan baik pelayanan SPKT, Pelayan SKCK, Pelayanan Sidik Jari dan Pelayanan SIM, kunjungan pun di akhiri dengan foto bersama. (red)
Next Post Previous Post