Peringati HUT Satpam Ke-39 , Kapolda Kalteng Beri Penghargaan Tiga Satpam Berprestasi


Kalteng - Di Kalimantan Tengah upacara HUT Satpam ke-39 dipusatkan di Polda. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara HUT Satpam biasanya dilaksanakan di masing-masing Polres jajaran Polda Kalteng.

Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Ilham Salahudin, S.H., M.Hum. menjadi inspektur upacara di lapangan Mapolda yang diikuti ratusan Satpam dari seluruh wilayah Provinsi Kalteng, Rabu (22/01/2020) pagi.

Dalam upacara tersebut hadir pula Pejabat Utama Polda Kalteng, Forkopimda Kalimantan Tengah, Kapolres jajaran, pimpinan dan pengelola badan usaha jasa pengamanan serta pengurus asosiasi jasa pengamanan.

Dalam amanatnya alumni Akpol 86 ini menyampaikan, Satpam memiliki peran penting dalam membantu Polri memelihara stabilitas Kamtibmas di masyarakat dan di kawasan obyek vital.

"Saya mengimbau kepada rekan-rekan Satpam, agar selalu jaga kesehatan, tanamkan kebanggan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, tingkatkan kesiapsiagaan, terus tingkatkan kompetensi diri melalui pendidikan maupun pelatihan," tegas Ilham.

Disamping itu lanjut Kapolda, tingkatkan kerjasama dan sinergis dengan jajaran TNI-Polri serta tingkatkan budaya menanam pohon.

Pada kesempatan ini, Kapolda memberikan penghargaan kepada tiga personel Satpam yang berprestasi. Jumprianto Satpam PT. Antang Ganda Utama. Jumprianto dianggap berprestasi karena membantu Polri dalam mengungkap kasus pencurian buahkelapa sawit di Barito Utara.

Sandi Efendi Satpam PT. Ophir juga diganjar pengharagaan karena telah berhasil mengatasi masalah pemortalan jalan perusahaan oleh sekelompok masyarakat di Barito Utara.

Sedangkan Rismanto Satpam PT. Bumitama Gunajaya Agro diberi penghargaan atas prestasinya membantu Polri mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor di wilayah Kotawaringin Barat.

Setelah pelaksanaan upacara, anggota Satuan Pengamanan ini unjuk kebolehan dengan menampilkan peragaan Beladiri Tongkat Polri, Beladiri Doble Stik, pemecahan benda keras dan penanganan kasus perampokan bank dari perwakilan Satpam se-Kalimantan Tengah.(red)