Inilah Potensi - Potensi di Wilayah Kecamatan Kahayan Kuala


Pulang Pisau -MKNews- Kepala Desa (Kades) Bahaur Hulu Permai, Kecamatan Kahayan Kuala, sangat mengapresiasikan potensi yang berada di wilayah itu. Kades yang akrab dipanggil Darmansyah ini mengatakan potensi - potensi yang ada sangatlah bermanfaat.

Di antara potensi itu yakni hasil dari penyaringan Buah Kelapa bisa menjadi obat - obatan. diantaranya, apabila diminum sehari sebanyak 2 (Dua) sendok teh, diyakini seperti bagi wanita hamil maka anaknya akan menjadi putih. selanjutnya diyakini juga untuk memudahkan wanita melahirkan (Pelunsur) dan dapat meningkatkan kejantanan pria serta aman bagi kolestrol.

“Hasil dari Buah Kelapa terdapat 2 Kwalitas yakni minyak yang berwarna jernih bernama  VCU dan minyak yang berwarna kuning bernama HCU," Ujar Darmansyah ,Rabu (12/02/2020) Via Tlp.

Di jelaskannya pula, minyak VCU yang berwarna jernih  bermanfaat untuk obat - obatan dengan cara pengolahannya 2x penyaringan. harganyapun lebih mahal dari pada minyak goreng HCU berwarna kuning. adapun minyak goreng HCU berwarna kuning kata Darmansyah, kelebihannya bisa digunakan menggoreng ikan yang mampu untuk  9 (Sembilan Kali) kali dipakai.

“Selain itu Buah Kelapa bisa diulah menjadi makanan ringan seperti Keripik kelapa, kemudian tulangan daun kelapa juga dimanfaatkan untuk pot - pot bunga," ungkapnya.

Ditambahkan Darmansyah, dari hasil penagkapan ikan laut seperti jenis Udang Galah, Udang Pici, Udang Tiger, Udang Papay dan Udang Manis serta bermacam ikan lainnya sudah lama dibeli dan dipasarkan di pulau jawa oleh warga Pulau Jawa yang lansung datang ke Wilayah Kecamatan Kahayan Kuala membelinya.

Menurut Darmansyah, ada baiknya warga setempat membelinya dan memasarkannya kesana. namun aku Apriansyah, warga setempat minim dana dan wawasan masih minim pula untuk memasarkannya disana.

“Oleh sebap itu saya berharap kepada pemerintah daerah agar memperhatikan potensi - potensi warga disini baik dari pendanaan dan pembinaan karena sebelumnya kami merasa kurang diperhatikan," Ucap Darmansyah dengan penuh harap. (Drt)