Gubernur Kalteng Sugianto Pesan Dua Juta Masker Yang Akan Dibagikan Ke Masyakarat


Palangka Raya- MKNews-Antisipasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengambil langkah dalam penanganan virus corona atau Covid-19,Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran memesan 2 juta masker.

Masker tersebut untuk mengantisipasi lonjakan warga yang terdampak dari virus corona atau Orang Dalam Pemantauan (ODP), Bantuan yang dibawa menggunakan Pesawat Hercules TNI AU tersebut adalah 2 ribu pcs Alat Pelindung Diri (APD) berupa seperangkat baju dan celana yang dikemas dalam 40 boks.

“Kita juga ada order sendiri, seperti 2 juta masker di Sritex, 2 ribu pcs APD di Sritex yang bisa 10 kali pakai, tidak hanya 1 kali pakai. Saat ini kita ada stok masker untuk tim medis dan PDP. Dua juta masker yang kita order nanti akan dibagikan ke masyarakat,” demikian ditambahkan Gubernur Sugianto Sabran.

Sugianto mengatakan, hingga saat ini ODP di Kalimantan Tengah terus meningkat termasuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), “Ini jumlahnya meningkat dan yang positif sudah empat orang,” katanya.

Gubernur Kalteng mengatakanstok masker yang ada saat ini mencukupi. Hanya saja itu diperuntukkan bagi tenaga medis dan orang yang sakit, “Tapi kita tetap melakukan antisipasi dengan memesan 2 juta masker untuk masyarakat,” katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, dr Suyuti Syamsul mengatakan, kalau sejatinya masker digunakan untuk tenaga medis dan orang sakit, “Kalau dibagikan ke masayarakat tidak akan cukup,” katanya.

Yang paling penting kata dr Suyuti adalah menerapkan pola hidup sehat seperti sering mencuci tangan, “Itu saja, rajin cuci tangan dan menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat,” tegasnya